IBL

“Gelembung” yang dibuat NBA di Disney World, Orlando, Florida, Amerika Serikat, memang bertujuan membatasi gerak seluruh bagian NBA. Mereka yang sudah masuk, dilarang untuk pergi. Pun demikian, NBA masih memberikan beberapa pengecualian untuk pemain keluar dari “gelembung.” Salah satu sebab yang diperbolehkan adalah urusan keluarga.

Pemain yang baru saja meninggalkan “gelembung” dengan alasan ini adalah ruki sensasional New Orleans Pelicans, Zion Williamson. Dilansir rilis resmi tim, Zion harus meninggalkan tim karena ada kondisi darurat kesehatan keluarganya. Pun demikian, Pelicans yang mendukung keputusan Zion ini tetap menantikan Sang Pemain kembali tepat sebelum pertandingan pertama, 30 Juli 2020, waktu setempat.

“Kami memberi dukungan penuh kepada Zion untuk bersama dengan keluarganya dalam momen ini,” ujar David Griffin, Wakil Presiden Basket Pelicans. “Dengan segala rasa hormat kepada keluarga Williamson, kami tidak bisa memberikan keterangan lebih mengenai apa yang terjadi.”

Berdasarkan aturan keselamatan dan kesehatan NBA, Zion harus mengulang masa karantina begitu kembali nanti. Zion harus menjalani karantina selama empat hari saat kembali ke “gelembung”, namun jumlah hari ini masih harus memenuhi beberapa syarat.

Pertama, Zion harus memiliki hasil negatif setiap hari selama di luar “gelembung” jika ia pergi tujuh hari atau kurang. Dan jika ia pergi lebih dari tujuh hari, maka ia harus memiliki hasil negatif setiap hari dalam tujuh hari terkahirnya di luar “gelembung” NBA. Jika syarat-syarat ini tidak dipenuhi, maka Zion akan dikarantina selama 10 hari.

Dengan fakta ini, maka Pelicans dan Zion harus berhitung dengan baik agar alumnus Duke University ini bisa kembali berlatih bersama tim senelum laga pembuka. Namun, jika Zion baru kembali ke “gelembung” pada hari Minggu, 19 Juli 2020, waktu setempat, maka peluang  Zion absen di gim pertama semakin besar. Pelicans akan menghadapai Utah Jazz di gim pertamanya tersebut. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar