IBL

ESPN memberhentikan sementara reporter NBA Adrian Wojnarowski karena cuitannya kepada Senator Amerika Serikat Josh Hawley. Wojnarowski akan berhenti sementara dari pekerjaannya tanpa bayaran.

Wojnarowski tampaknya tidak akan berada di Orlando untuk meliput lanjutan NBA. Durasi hukuman yang diberikan ESPN pun belum pasti.

Senator Johs Hawley yang berasal dari Missouri, menanyakan pada NBA tentang pesan-pesan sosial yang akan dipakai pemain. (Sumber: houston chronicle)

Sebelumnya Senator Josh Hawley dari partai Republik mengirimkan surat massal yang mengkritik komisioner NBA Adam Silver dan hubungan liga dengan Cina. Hawley menanyakan mengapa "Free Hong Kong", “Support Our Troops,” “Back The Blue” dan pesan-pesan sosial lainnya tidak tercantum dalam pilihan pesan sosial di NBA. Padahal nantinya para pemain akan menggunakan pesan sosial sebagai bentuk perjuangan mereka terhadap isu sosial. Ternyata Adrian Wojnarowski bereaksi keras terhadap surat tersebut.

Pada hari Jumat lalu, Hawley mengunggah sebuat screenshot email Wojnarowski di feet twitter-nya.

Wojnarowski sendiri sudah meminta maaf atas kejadian ini dalam sebuah pernyataan dan mengatakan dia akan menghubungi Hawley secara langsung. Kemudian ESPN juga mengeluarkan permintaan maaf sebagai perusahaan yang menaungi Wojnarowski.

ESPN mengatakan bahwa cuitan kasar yang dibuat oleh Adrian Wojnarowski kepada senator Josh Hawley adalah perilaku yang sama sekali tidak dapat diterima, dan bisa dikategorikan indisipliner.

“Ini adalah perilaku yang benar-benar tidak dapat diterima dan kami tidak memaafkannya. Tidak dapat dimaafkan bagi siapa pun yang bekerja di ESPN untuk merespons seperti yang dilakukan Adrian kepada Senator Hawley. Kami membahas ini secara langsung dengan Adrian dan secara spesifik pembicaraan tersebut tetaplah jadi rahasia internal kami," pernyataan ESPN.

Wojnarowski juga menjelaskan kenapa bereaksi begitu emosional terhadap permintaan senator yang dianggap tidak jelas.

"Saya tidak sopan dan saya membuat kesalahan yang disesalkan," kata Wojnarowski dalam pernyataannya. "Saya minta maaf atas kesalahan tersebut dan saya segera menghubungi Senator Hawley untuk meminta maaf secara langsung. Saya juga perlu meminta maaf kepada rekan-rekan ESPN, karena saya tahu tindakan saya tidak dapat diterima." (tor)

Foto:USA Today

Komentar