IBL

Totalitas Utah Jazz patut diacungi jempol. Untuk menjaga kebugaran pemainnya, mereka membuat ruangan gym sendiri di hotel pemain. Untuk peralatannya, mereka memboyong alat-alat dari Zions Bank Basketball Campus ke Walt Disney World Resort. Peralatan seberat enam ton itu sudah dikirim sejak akhir Juni lalu.

Utah Jazz tidak mau pemainnya kesulitan dengan jadwal gimnasium. Mereka ingin pemain bisa kapan saja melakukan aktifitas tersebut, tanpa harus berbagi dengan tim lainnya. Karena fasilitas yang disediakan NBA juga terbatas. Untuk itu, Jazz meminta sebuah ruangan di hotel untuk menempatkan fasilitas kebugaran mereka sendiri. Setidaknya ada 160 alat yang diboyong dari Zions Bank Basketball Campus dan tiba di Orlando pada 1 Juli lalu.

Jazz tidak ingin pemainnya kesulitan. Sebab, saat pandemi virus korona melanda, Donovan Mitchell mengubah ruang bawah tanah di rumahnya menjadi ruang kebugaran. Membeli peralatan sepeda statis dan membeli beberapa alat beban di internet. Cerita ini membuat Jazz merasa penting membuat ruang kebugaran sendiri.

"Kami sekarang punya ruangan kebugaran alternatif yang kami siapkan sendiri, selain fasilitas yang disiapkan liga. Latihan kami spesifik, dan harus memakai peralatan khusus," kata Dennis Lindsey, wakil presiden eksekutif Utah Jazz.

Langkah ini dinilai sangat membantu staf dan pemain. Bagi staf kesehatan yang dipimpin oleh Mike Elliott, kebijakan tim membangun ruang kebugaran sendiri memastikan rutinitas mereka tetap terjaga. Jadi tidak ada latihan yang berkurang karena keterbatasan peralatan. Sementara bagi pemain, mereka bisa konsisten dengan programnya.

"Kami sebagai pemain beruntung karena tim mendukung kegiatan kami. Kami bisa konsisten dengan program kami. Tentu menggunakan alat yang disediakan hotel, jauh berbeda dengan barang-barang yang biasa kami gunakan di fasilitas latihan tim," ucap Joe Ingles, pemain Jazz.

Jazz sendiri sebenarnya punya personel 60 orang, tapi karena batasan 35 orang yang dibuat liga, maka mereka benar-benar harus jeli. Jazz membawa sebanyak mungkin staf pelatih untuk memastikan kondisi pemain tetap sehat. Sementara itu, membawa peralatan sendiri juga bagian dari menyiapkan tim agar bisa tampil prima. Meski biayanya sangat besar. (tor)

Foto: nba.com/jazz

Komentar