IBL

Dragan Bender mulai masuk dalam perbincangan barisan pemain gagal setelah Phoenix Suns tak memberikan kepercayaan lagi kepadanya. Sebagai pilihan keempat NBA Draft 2016, catatan 5,3 poin, 3,8 rebound, dan 1,2 asis jelas jauh dari harapan Suns. Hal tersebut membuat mereka tak mengambil opsi tim pada jeda musim 2018 yang membuat Bender menjadi pemain bebas di musim panas lalu.

Bender lantas bergabung dengan Milwaukee Bucks melalui kontrak dua musim dengan nilai kontrak minimal. Sayangnya, menumpuknya pemain-pemain mumpuni di Bucks membuatnya tak bisa banyak beraksi. Ia tercatat hanya bermain tujuh kali dengan rataan 13,0 menit per gim sebelum Bucks memutus kontraknya pada 10 Februari 2020.

Hampir dua minggu berselang, Bender akhirnya kembali berstatus pemain NBA. Sempat diisukan akan bergabung ke beberapa tim hingga kembali ke Eropa, Bender akhirnya menerima pinangan Golden State Warriors yang memberinya kontrak 10 hari. Di 10 hari pertama tersebut, Bender tampil mengesankan dan membuat Warriors memberinya kontrak 10 hari kedua. Sayangnya, baru berjalan enam hari, NBA sudah terpaksa menunda musim akibat pandem virus korona.

Seiring dengan rencana kembalinya NBA pada 30 Juli nanti, setiap tim yang memiliki pemain dengan kontrak 10 hari diperbolehkan untuk memberi kontrak jangka panjang. Yahoo Sports mengabarkan bahwa Warriors yang terpikat dengan performa apik Bender siap memberikan kontrak tersebut. Warriors disebut menjadikan Bender sebagai transaksi awal pasar pemain bebas mereka untuk musim 2020-2021.

Dalam sembilan gim penampilannya bersama Warriors, pemain berusia 22 tahun ini bermain dengan rataan 21,7 menit per gim. Dengan hanya tiga di antaranya dimulai sebagai pemain utama, Bender berhasil menorehkan rataan 9,0 poin, 5,9 rebound, dan 2,1 asis per gim. Bender rata-rata melepaskan 7,9 tembakan per gim. Seluruh catatan statistik di atas kecuali menit bermain merupakan yang tertinggi sepanjang karier pemain asal Kroasia ini.

Bender dinilai sangat cocok bermain dengan pola permainan Warriors, hal yang tidak ia dapatkan di dua tim sebelumnya. Namun, untuk mendapatkan menit lebih dalam skuat penuh Warriors, Bender harus bekerja keras. Tiga tempat utama di skuad Warriors sudah pasti milik Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green. Dua tempat sisa akan menjadi rebutan pemain-pemain seperti Andrew Wiggins, Kevon Looney, Marquese Chriss, Damion Lee, dan satu pemain ruki yang akan mereka pilih nanti. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar