IBL

Golden State Warriors dalam perjalanan mereka meraih gelar keempat dalam lima musim terkahir. Warriors membuka kemungkinan tersebut usai menyapu bersih Portland Trail Blazers di final Wilayah Barat. Hal tersebut menempatkan mereka sebagai tim pertama sejak Boston Celtics era 50-an yang mampu melaju ke final dalam lima musim beruntun.

Meski sedang dalam tren apik, beberapa is uterus menerpa skuat Warriors, terutama terkait susunan pemain mereka. Hal tersebut disebabkan oleh akan habisnya kontrak dua pemain utama mereka, Klay Thompson dan Kevin Durant. Keduanya akan menyandang status unrestricted free agent pada 1 Juli 2019 nanti.

Berulang kali sepanjang musim ini, kedua pemain tersebut terus dikabarkan akan meninggalkan tim ini. Hal tersebut berlandaskan pada fakta bahwa nilai kontrak mereka yang terbilang “kecil” untuk pemain berkaliber All Star.

Klay menandatangani kontrak berdurasi empat tahun pada 2015 dengan nilai AS$68,9 juta. Di musim ini saja, ia mendapatkan bayaran sebesar AS$18,9 juta. Sementara Kevin musim ini mendapatkan bayaran AS$31,5 juta dengan total kontrak dua tahun sejak 2018. Jumlah tersebut lebih kecil dari Stephen Curry yang memiliki kontrak maksimal dengan nilai AS$201,1 juta selama lima musim.

Fakta di atas membuat Klay dan Kevin terus dikabarkan memikirkan tawaran tim-tim yang memiliki ruang gaji maksimal. Tim-tim tersebut adalah Los Angeles Clippers, New York Knicks, Brooklyn Nets, hingga Los Angeles Lakers.

Menanggapi hal tersebut, pemilik Warriors, Joe Lacob angkat suara. Dalam sebuah wawancara dengan The Athletic, Joe mengungkapkan bahwa mereka jelas akan berupaya sekuat tenaga untuk mempertahankan kedua pemain tersebut. Keduanya tak bisa dipungkiri adalah dua sosok penting dalam rangkaian sejarah Warriors ini.

“Musim masih berjalan dan kami masih ingin menyelesaikannya dengan baik. Hingga kini, saya belum punya data atau ide-ide baru yang bisa saya sampaikan ke Anda semua. Kami suka dengan Klay dan Kevin, tentu kami berupaya untuk mempertahankan mereka musim depan. Saya cukup yakin keduanya akan memutuskan bertahan.”

“Tetapi, semua inin kembali lagi kepada mereka. Mereka punya banyak pilihan dan merekalah yang menentukan pilihan tersebut. Mereka juga layak mendapatkan pilihan-pilihan itu. Tujuan kami adalah untuk menjaga tim ini tetap utuh, karena kami adalah tim yang cukup bagus,” tutup Joe. (DRMK)

Fotoo: USA Today

 

Komentar