IBL

Pandemi virus korona memang cukup membuat banyak rencana gelaran besar di dunia pada tahun 2020 terganggu. Liga-liga olahraga profesional bahkan termasuk gelaran multicabang seperti Olimpiade Tokyo pun harus tertunda karena pandemi ini. Di basket pun, NBA masih dalam masa hiatus. Sementara beberapa liga di Asia khususnya di Taiwan dan Jepang sudah mulai memulai kembali kompetisi mereka.

Di tengah semua kondisi yang tidak menentu ini, induk organisasi basket dunia, FIBA datang dengan satu kejelasan penting. Melalui rilis resminya 11 Mei 2020, FIBA mengabarkan kepastian tentang penyelenggaran salah satu gelaran besar mereka selanjutnya, Piala Dunia 2023. Ya, di rilis resmi tersebut, FIBA memastikan bahwa Piala Dunia 2023 akan digelar pada 25 Agustus sampai 10 September 2023.

Seperti yang diketahui bersama, ada tiga negara yang ditunjuk sebagai negara penyelenggara Piala Dunia 2023, Indonesia, Jepang, dan Filipina. Di rilis resmi ini, FIBA juga memberitahukan bahwa babak grup akan diselenggarakan di tiga negara tersebut. Sementara untuk babak final, akan terpusat di kota Manila, Filipina.

Piala Dunia 2023 masih akan menggunakan fotmat Piala Dunia 2019 Cina. Nantinya akan ada total 32 tim. Babak grup yang digelar di tiga negara tersebut meliputi penyisihan (Grup A – Grup H), dan penentuan peringkat 17 – 32. Sedangkan babak final meliputi perempat final hingga perebutan medali emas.

Seperti yang diketahui, baik Filipina dan Jepang mendapatkan jatah langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2023, sedangkan Indonesia harus melalui babak penyisihan. Hal ini terjadi karena peringkat FIBA Indonesia yang cukup rendah. Indonesia sendiri sudah memulai perjalanan mereka untuk tampil di putaran final Piala Dunia 2023 dengan mengikuti FIBA Asia Cup Qualifier 2021 (Kualifikasi Piala Asia) di bilangan Februari lalu. Sayangnya, dalam dua laga melawan Korea Selatan dan Filipina, Indonesia gagal menang. (DRMK)

Foto: FIBA

 

Komentar