IBL

Kabar mengenai pengunduran jadwal NBA untuk musim 2020-2021 memang belum dikonfirmasi oleh pihak liga, akan tetapi, pengumuman baru mereka seolah mengindikasikan kebenaran hal itu. Dalam rilis resmi terbarunya, NBA memastikan melakukan penundaan untuk NBA Draft Lottery 2020 (lotre NBA Draft) dan NBA Draft Comibne 2020. Kedua acara ini harusnya digelar di pertengahan dan akhir bulan Mei.

NBA Draft Lottery dan NBA Draft Combine adalah dua rangkaian acara sebelum memasuki puncak NBA Draft. Pada tahun ini, NBA Draft 2020 sendiri akan digelar pada 25 Juni. Belum ada pengumuman lanjutan apakah NBA Draft 2020 juga akan mengalami pengunduran jadwal atau tidak hingga berita ini ditulis.

Untuk menentukan NBA Draft 2020 diundur atau tidak, rasanya NBA harus lebih dulu memutuskan musim 2019-2020 ini dilanjutkan atau tidak. Jika dilanjutkan pun, NBA harus juga harus menentukan apakah musim langsung loncat ke babak playoff atau tetap menghabiskan seluruh jatah gim musim reguler.

Jika menghabiskan jatah gim musim reguler dipilih, ESPN memprediksi NBA butuh waktu sekitar tiga bulan untuk menutup musim. Andai rencana NBA untuk mulai membuka fasilitas latihan per 8 Mei berjalan tepat waktu, maka NBA butuh tambahan waktu 2 – 3 minggu untuk baru melanjutkan musim mereka (persiapan kondisi pemain). Sekali lagi, dengan catatan semua tim dan semua pemain sudah bisa berlatih per 8 Mei tersebut.

Seandainya skenario di atas benar-benar dilakukan NBA, maka musim 2019-2020 kemungkinan besar akan berakhir di bulan Agustus atau bahkan September. Biasanya, NBA Draft baru akan digelar beberapa hari setelah juara NBA dipastikan. Setelahnya, akan ada gelaran NBA Free Agency (pasar pemain bebas), NBA Summer League, dan pramusim.

Pandemi ini benar-benar memukul telak seluruh dunia. NBA pun diyakini cukup kesulitan untuk melangkahkan kaki mereka selanjutnya. Banyak faktor yang harus dihitung, bahkan mungkin terlalu banyak hingga NBA yang biasanya cukup cekatan kini dalam ketidakpastian. Keselamatan pemain dan seluruh bagian dari NBA menjadi hal penting. Di sisi lain, faktor bisnis yang juga harus berjalan juga tak kalah penting.

Foto: NBA

 

Komentar