IBL

Seri dokumenter "The Last Dance" yang tayang di ESPN telah menjadi program mingguan yang hangat dibicarakan penggemar basket dunia. Film tentang perjalanan karier Michael Jordan itu diputar secara bertahap. Setiap episodenya berisi cerita, wawancara, rekaman-rekaman mentah tentang apa yang terjadi pada Chicago Bulls tahun 90-an. Tak hanya ceritanya, tapi kini yang menuai pujian adalah deretan lagu-lagu di film tersebut.

Estee Portnoy, manajer bisnis Michael Jordan dan Produser Eksekutif "The Last Dance" mengunggah dalam akun twitter pribadinya yang berisi tautan soundtrack film tersebut di Spotify. Terdapat 37 lagu yang ada di daftar tersebut. Mulai dari "Chicago Bulls Theme Song" oleh The Alan Parsons Project, "Reunited" oleh Wu Tang Clan, "Been Around the World" dari Diddy, hingga "We Are The Champions" milik Queen.

Link Soundtrack "The Last Dance" : https://open.spotify.com/playlist/37i9dQZF1DX45xYefy6tIi

Salah satu yang dianggap lagu paling pas dengan adegannya adalah "I'm Bad" milik LL Cool J. Terjadi di Episode 2, dimana setelah Bulls kalah dari Celtics di Gim 1 playoff putaran pertama Wilayah Timur 1986, Jordan dan Danny Ainge terlibat pembicaraan di lapangan golf.

"Kami selesai, kami masuk ke dalam mobil," kata penulis Mark Vancil dalam film tersebut. "Kami mengantar Danny (Ainge) lebih dulu. Dan, Michael berkata, "Hei, beri tahu bocahmu, DJ (Dennis Johnson), aku punya sesuatu untuknya besok."

Adegan berikutnya merupakan cuplikan Gim 2. Diawali kamera menyorot Michael Jordan yang berjongkok pada saat tipoff, dan suasana tegang. Saat itu, baris pembuka dari lagu "I'm Bad" mulai terdengar. Kemudian Jordan mulai panas dan mencetak poin demi poin. Jordan saat itu mencetak rekor playoff NBA dengan 63 poin. Tetapi Bulls kalah 131-135 lewat double-overtime. Kekalahan tersebut semakin dramatis dengan diiringi lagu "I'm Bad".

Pujian untuk pemilihan lagu-lagu dalam film "The Last Dance" juga datang dari aktor O'Shea Jackson Jr., putra rapper dan aktor Ice Cube. Jackson memuji penata musik yang memasukkan lagu Prince berjudul "Partyman". Lagu tersebut merupakan soundtrack Batman tahun 1989.

"Siapa pun yang bertanggung jawab atas penurunan soundtrack Batman 1989 di The Last Dance adalah seorang pahlawan," tulis Jackson dalam akun twitternya.

Tak hanya dari kalangan selebriti, dari lingkungan NBA sendiri juga memuji pemilihan musik dalam film "The Last Dance". Presiden Memphis Grizzlies Jason Wexler juga mengungkapkan kekagumannya.

"Saya harus membongkar koleksi lama sebagai ucapan terima kasih kepada siapa pun yang menjadi penata musik untuk "The Last Dance," tulis Wexler dalam akun twitternya, disertai beberapa foto sampul Album Kool Moe Dee.

Hit Kool Moe Dee di tahun 1988 adalah lagu "How Ya Like Me Now", yang juga masuk dalam film tersebut. Lagu ini menduduki urutan 35 pada tangga lagu Billboard tahun 1988. Beberapa pemain Bulls bahkan pernah menari dan menyanyikan lagu tersebut dalam video klip.

Daftar lagu yang kini ada di Spotify tersebut akan membawa ingatan penggemar Michael Jordan kembali ke masa lalu. Selain membawa suasana, pilihan musik yang tepat membantu penonton semakin menikmati filmnya. (tor)

Foto: The Brag

Komentar