IBL

Tiga bulan setelah kematian tragis Kobe Bryant, sebanyak 86 memorabilia miliknya dilelang secara online, melalui situs goldinauction.com. Barang-barang yang dilelang tersebut termasuk sepatu yang dipakai di Final NBA dan cincin juara yang semula disimpan ibunya, Pam Bryant.

Lelang online sudah dibuka dan berakhir 16 Mei 2020 mendatang melalui rumah lelang Goldin Auctions. 86 barang yang dilelang berupa sepatu basket, sepatu pemanasan, kaus, cincin emas 14 karat dengan delapan berlian yang diukir dengan nama Bryant. Cincin tersebut mewakili rekor 8-0 tim Amerika Serikat di Olimpiade 2012.

"Kami percaya itu adalah koleksi terbesar memorabilia Kobe Bryant yang pernah dilelang," kata Ken Goldin dari Goldin Auctions, seperti dilansir ESPN. "Kami perkirakan harganya akan naik. Untuk harga terendah bisa mencapai AS$500, dan harga tertinggi bisa di kisaran AS$100 ribu."

Saat ini tawaran tertinggi untuk memorabilia Kobe Bryant adalah sebuah sepatu hitam merek Adidas yang dikenakan Kobe pada Gim 5 Final NBA 2001 melawan Philadelphia 76ers. Sepatu tersebut ditawar dengan harga AS$28 ribu. Sedangkan tawaran terendah sebesar AS$125 untuk sebuah bola basket yang ditandatangani oleh Kobe.

Sebenarnya Goldin Auctions pernah bermasalah dengan Kobe Bryant. Sebab pada tahun 2013, rumah lelang asal New Jersey tersebut berusaha menjual barang-barang peninggalan Kobe Bryant yang didapatkan dari ibunya dengan harga yang murah. Ada ratusan memorabilia Kobe Bryant saat itu dibeli seharga AS$450 ribu.

Mendiang Kobe Bryant sempat menyeret kasus ini ke ranah hukum, tetapi orang tuanya menyelesaikan dengan damai. Hasilnya Goldin Auctions hanya bisa melelang enam barang saja. Termasuk cincin juara Los Angeles Lakers tahun 2000.

Menurut Goldin, lelang tahun ini tidak ada hubungannya dengan Pam dan Joe Bryant, orang tua Kobe. Barang-barang yang dilelang tahun ini merupakan kiriman dari kolektor seluruh dunia.

"Orang yang memenangkan lelang cincin pada tahun 2013 mengirimkan kembali pada kami. Jadi dia sudah menyimpan cincin tersebut selama tujuh tahun dan sekarang dia menjualnya. Kami juga mendapatkan kiriman barang dari Cina, dan negara-negara lain di luar Amerika Serikat," ujar Goldin.

Keuntungan dari lelang tahun 2013 silam disumbangkan untuk The Bully Project. Sebuah badan amal yang didukung oleh Kobe Bryant. Sedangkan untuk tahun ini, keuntungan akan disumbangkan ke Mamba and Mambacita Sports Foundation. Besaran keuntungan yang akan disumbangkan yaitu 5% dari harga barang. (tor)

Foto: hypebeast.com

Komentar