IBL

Nike Kobe 7 dipakai Kobe Bryant di sepanjang musim 2011-2012. Saat dirinya ada di puncak kejayaan, dengan Nike sebagai pendukungnya membuat sepatu yang bermakna khusus. Kali ini, sebuah sepatu Nike Kobe 7 bersejarah ada dilelang. Harga penawarannya sudah tembus 11,5 ribu dolar Amerika atau setara dengan 172 juta rupiah. Namun lelang ini terus dibuka sampai 25 Mei 2023. 

Kalau dilihat dari sejarahnya, desain Nike Kobe 7 ini dibuat setelah mendiang Kobe Bryant berwisata ke Afrika Selatan. Dari sana, dia melihat dari dekat kehidupan hewan predator. Kobe yang dijuluki "Black Mamba" tertarik untuk membawanya ke dalam sebuah desain sepatu. 

Kembali ke sepatu yang dilelang ini. Nike Kobe 7 "Supreme System" dengan warna hitam kombinasi kuning tersebut dipakai pada pertandingan melawan LA Clippers pada 14 Januari 2012. Kobe Bryant mencetak 42 poin pada pertandingan tersebut. Setelah bertanding, Kobe membubuhkan sebuah tanda tangan dengan tinta emas, lengkap dengan tulisan "1-14-12" dan "42 points" di bagian tumit. 

"Penampilan mengesankan Kobe dengan sepatu ini membuktikan bahwa dia tetap berada di puncak kariernya. Ini adalah kesempatan langka bagi para kolektor benda bersejarah Kobe Bryant untuk memiliki salah satu simbol mentalitas Mamba," kata Nick Cepero dari PWCC Market Place, yang menyelenggarakan lelang. 

Terbukti memang para kolektor tampaknya tertarik untuk memilikinya. Pada 19 Mei 2023, penawaran tertinggi masih di kisaran 7 ribu dolar Amerika. Namun pada 21 Mei 2023, penawaran tertinggi naik menjadi 11,5 ribu dolar Amerika. PWCC Market Place memperkirakan bahwa penawaran ini akan terus naik. Mengingat masih ada sisa empat hari, sebelum lelang ditutup. 

Sepatu ini tidak dilelang begitu saja. Pihak rumah lelang juga menyertakan jaminan kecocokan foto dan surat keaslian yang dikeluarkan oleh Sports Investors Authentication and Panini. Tentunya dengan kelengkapan tersebut, semakin membuat kolektor tergiur. Apalagi kematian Kobe Bryant sekarang sudah meninggal. Apa saja yang terkait dengan dia, atau benda-benda yang pernah ditanda tangani oleh Kobe Bryant menjadi buruan kolektor. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar