IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock pada sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menulis, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

                                                                                         ***

Pada Starting 5 kali ini, kami berbincang dengan Kepala Pelatih BBM CLS Knights Indonesia yang beberapa waktu lalu berlaga di TBSL, Koko Heru Setyo Nugroho. Koko punya kecintaan mendalam terhadap musik hip hop. Jika Anda belum tahu, pelatih dengan rambut gimbal ini juga adalah seorang penyanyi rap. Ia kerap membagikan lagunya di instagram pribadinya @13mcoachk. Nama rap Koko adalah “Satu Tiga.” Berikut lagu-lagu favorit sepanjang masa Koko yang seluruhnya adalah lagu hip hop.

Dear Mama-2Pac

2Pac adalah sosok legenda dalam dunia musik hip hop. Penyanyi bernama lengkap Tupac Shakur ini lahir dan tumbuh di Manhattan, New York, Amerika Serikat. Pada tahun 1988, ia pindah ke pesisir pantai barat Amerika Serikat lebih tepatnya San Francisco, California, untuk mengejar karier sebagai penyanyi rap.

Lagu “Dear Mama” adalah lagu kesembilan dalam album keempat 2Pac bertajuk “Me Againts the World (1995).” Setahun setelahnya, 2Pac hanya merilis satu album tambahan “All Eyez on Me” sebelum meninggal dunia. 2Pac meninggal dunia di Las Vegas dalam sebuah insiden penyerangan dan penembakan yang merupakan bagian dari perang antargangster yang juga diikuti olehnya. RIP Pac!

JAY-Z-Dead Presidents II

Lagu dari legenda hip hop lainnya masuk dalam daftar lagu favorit Koko. “Dead President II” adalah lagu dari Shawn Carter atau yang lebih dikenal dengan nama panggung JAY-Z. Lagu ini ada di album debut JAY-Z yang berjudul “Reasonable Doubt,” yang rilis pada tahun 1996.

Judul lagu ini adalah metafora dari uang di Amerika Serikat atau mungkin seluruh belahan dunia yang kerap menggunakan foto-foto mendiang presiden. Lagu ini sempat muncul dalam permainan video games Grand Theft Auto V pada 2013 lalu.

Wu-Tang Clan-C.R.E.A.M

Wu-Tang Clan adalah satu-satunya grup yang masuk dalam daftar ini. Terbentuk pada 1992 di New York, Amerika Serikat, Wu Tang Clan beranggotakan sembilan orang penyanyi rap. Dalam prosesnya, Wu-Tang Clan disebut sebagai grup hip hop terbaik sepanjang masa.

Lagu “C.R.E.A.M” sendiri muncul di album pertama mereka yang bertajuk “Enter the Wu-Tang (36 Chambers)” yang rilis pada 1993. “C.R.E.A.M”  adalah akronim dari Cash Rules Everything Around Me. Meski secara statistik lagu ini tak pernah menempati tangga lagu tertinggi di seluruh belahan dunia, lagu ini tetap diyakini sebagai salah satu lagu hip hop terbaik sepanjang masa.

Liriknya yang menceritakan kehidupan langsung personelnya dan melodi serta ketukan lagu yang tenang membuat lagu ini cukup berbeda. Di “C.R.E.A.M”  hanya tiga dari sembilan personel Wu-Tang Clan yang ambil bagian. Mereka adalah Raekwon, Inspectah Deck, dan Method Man.

Ghostface Killah-All That I Got Is You

Ghostface Killah adalah salah satu personel Wu-Tang Clan yang cukup berhasil menjalani karier solo. Sepanjang kariernya, penyanyi bernama asli Dennis Coles ini telah menelurkan 13 album solo. “All That I Got Is You” sendiri muncul di album pertama bertajuk “Ironman” pada 1996. Di sini, Ghostface Killah menggandeng penyanyi perempuan Mary J.Blige.

Di lagu ini, Ghostface Killah bercerita tentang ibunya. Bagaimana Sang Ibu berjuang membesarkannya seorang diri di tengah kehidupan yang sangat keras di area tempat tinggal mereka. Melalui lagu ini pula. Ghostface Killah dikenal sebagai salah “pencerita” (story teller) terbaik dalam sejarah hip hop.

Pada 2017, penyanyi rap asal Indonesia, Rich Brian, mendapatkan kesempatan berharga bekerja sama dengan Ghostface Killah. Lagu Rich Brian,”Dat $tick” yang rilis satu tahun sebelumnya dipoles ulang oleh Ghostface Killah yang lantas mengajak penyanyi rap lainnya, Pouya.

J.Cole-Premeditated Murder

Usai menempatkan empat nama lawas dan melegenda di dunia hip hop, Koko menyelipkan satu nama baru tapi digadang-gadang kelak akan menjadi legenda hip hop, J.Cole. Lagu yang menjadi favorit Koko adalah “Premeditated Murder” dari album mixtape “The Blow Up” yang rilis pada 2014.

J.Cole sendiri terkenal dengan gaya rapnya yang selalu memiliki rima tepat dan akurat. Secara keseluruhan, J.Cole memang baru memiliki lima album studio, tetapi ia memiliki banyak sekali album mixtape. Ia juga kerap tampil berkolaborasi dengan deretan penyanyi hip-hop lainnya seperti 21 Savage dan Young Thug.

J.Cole juga dikenal sebagai penggiat basket. Lahir dan tumbuh di North Carolina, J.Cole adalah penggemar Charlotte Hornets. Ia juga kerap menyebut nama-nama pemain NBA di lagunya hingga ikut berlatih bersama mereka di musim panas. (DRMK)

Foto: Yoga Prakasita

 

Komentar