IBL

Pandemi virus corona menyerang dan menyebar dengan sangat cepat. Salah satu negara yang merasakan cepatnya penyebaran virus ini adalah Amerika Serikat. Senin, 13 April 2020, waktu setempat, John Hopkins University & Medicine, sumber pendataan kasus corona menyebutkan Amerika Serikat adalah negara dengan kasus positif terbanyak.  

Kasus positif di Amerika Serikat meningkat tajam dalam beberapa minggu terakhir. Amerika Serikat kini tercatat memiliki 558.999 kasus, jauh dari Spanyol (169.496), dan Italia (156.363). Jumlah kasus yang dimiliki Amerika Serikat tersebut nyaris menyentuh 30 persen dari keseluruhan kasus positif corona di dunia yang berada di angka 1.883.119 kasus.

Setelah dirinci lebih dalam, 34 persen dari keseluruhan kasus positif corona di Amerika Serikat terjadi di negara bagian New York. Negara bagian New York sendiri sudah melakukan langkah pencegahan semakin meluasnya kondisi ini. Gubernur New York, Andrew Cuomo,  per 22 Maret lalu telah mengeluarkan kebijakan “New York State on PAUSE” yang inti utamanya adalah melakukan lockdown (karantina wilayah).

Mengetahui hal ini, kami berupaya menghubungi pemain asing IBL yang membela NSH Jakarta dalam dua musim terakhir, Dashaun Wiggins. Dash (sapaan Dashaun Wiggins) adalah pemain yang lahir dan tumbuh di Bronx, New York. Meski sempat berpindah kota saat kuliah, Dash masih tinggal di Bronx dan selalu pulang ke sana usai musim IBL berakhir.

Halo Dash, apa kabar?

Semuanya dalam keadaan baik, terima kasih sudah menghubungi.

Sama-sama. Saya membaca banyak berita tentang penyebaran virus corona di Amerika Serikat khususnya New York. Bisa Anda ceritakan bagaimana kondisi di Bronx sendiri?

Iya benar, semuanya benar-benar terjadi sangat cepat. Sekarang, New York sendiri sudah dalam tahap lockdown. Semua orang hanya bertahan di rumah masing-masing untuk melakukan karantina diri. Kami hanya boleh keluar rumah untuk belanja kebutuhan pokok dan lalu kembali lagi ke rumah.

Bagaimana kondisi keluarga atau orang-orang di lingkungan Anda?

Semuanya cukup baik, saya bersyukur. Kami semua berusaha taat dengan aturan yang ada untuk tinggal di rumah dan terus menjaga kesehatan diri.

IBL sudah mengutarakan niat untuk kembali melanjutkan musim 2020 pada kisaran bulan September. Bagaimana Anda melihat hal itu?

Saya pribadi tidak cukup yakin dan percaya diri melihat rencana tersebut. Dengan kondisi yang ada sekarang, saya ragu bahwa September adalah waktu yang tepat untuk melanjutkan musim. Saya pribadi berharap IBL bisa langsung memulai musim yang baru.

Jika nantinya IBL tetap dalam keputusan itu, siapkah Anda kembali bermain?

Jujur saya tidak bisa menjawab apa-apa tentang masa depan. Ini bukan tentang liga atau tim yang saya bela, saya hanya memikirkan keselematan diri saya dan tentunya seluruh masyarakat. Akan tetapi, jika memang pada September nanti pandemi ini telah berakhir dan semua kondisi sudah dinyatakan aman, tentunya saya akan dengan senang hati kembali ke Indonesia.

Sedikit berbincang mengenai kompetisi. Musim ini NSH Jakarta sudah menunjukkan penampilan yang luar biasa. Bahkan, saya rasa musim ini kalian lebih konsisten dari musim lalu. Bagaimana Anda melihat perjalanan musim ini?

Ya, saya rasa saya setuju dengan Anda. Kami menjalani musim ini dengan tambahan anggota baru yang cukup membuat kami jauh lebih kuat dan lebih konsisten lagi. Musim ini sendiri sebenarnya jadi musim yang menantang buat saya mengingat ini adalah tahun kedua saya di IBL, tentunya tim-tim lawan sudah tahu apa yang bisa saya lakukan di lapangan. Namun, dengan pemain yang ada dan kebersamaan yang sudah terbentuk, saya tidak menjadi satu-satunya ancaman di NSH dan itu menyulitkan lawan.

Terakhir, Anda punya pesan yang ingin disampaikan untuk penggemar Anda dan NSH di Indonesia?

Saya berharap semua penggemar basket di Indonesia terus menjaga kesehatan dan keselamatan masing-masing di dalam pandemi ini. Mari kita saling menguatkan satu sama lain dan yakin kita akan mampu melewati masa sulit ini. Musim pasti akan dimulai secepat mungkin saat semua ini berakhir dan saya sudah tidak sabar untuk kembali menghadirkan gairah basket untuk sleuruh pecinta basket di Indonesia. Sekali lagi, jaga kesehatan dan keselamatan kalian.

Terima kasih Dash atas waktu dan jawaban Anda. Jaga kesehatan Anda juga di sana, sampai jumpa!

Sama-sama! Sampai jumpa lagi!

Foto: Hariyanto

 

Komentar