IBL

Indonesian Basketball League (IBL) 2020 memutuskan melakukan penundaan musim sejak 13 Maret 2020, atau tepat di hari pertama penyelenggaraan Seri 7 Malang. Kala itu, IBL bersama seluruh pemilik tim dan semua bagian pertandingan sepakat bahwa liga tak dapat dilanjutkan untuk sementara waktu akibat pandemi virus corona.

Selepas penundaan itu, klub-klub IBL mengambil langkah pulang ke tempat masing-masing. Para pemain pun diliburkan karena pemerintah mencanangkan pembatasan sosial (social distancing) untuk menghambat penyebaran virus corona. Setelah diliburkan ini, setiap pemain memiliki pilihan yang berbeda-beda. Ada yang bertahan di mess atau tempat tinggal yang disediakan tim karena jarak yang cukup jauh dengan tempat asal mereka atau tetap ingin berlatih. Ada pula pemain yang pulang ke rumah dan melakukan banyak aktivitas lainnya.

Salah satu pemain yang melakukan langkah kedua adalah pemain Indonesia Patriots sekaligus MVP IBL musim lalu, Kaleb Ramot Gemilang. Selepas penundaan IBL, Kaleb yang waktu itu sudah berada di Malang bersama tim Patriots langsung memutuskan pulang esok harinya. Namun, ia tak langsung pulang ke kota asalnya, Bandung. Ia berkunjung lebih dulu ke rumah kerabatnya di Jawa Tengah.

“Saya berkunjung ke rumah kerabat di Salatiga. Lalu sempat melakukan perjalanan naik motor ke Wonosobo dan stay di sana selama tiga hari dua malam. Besoknya, balik Salatiga, lalu pulang ke Bandung dengan kereta api via Semarang,” buka Kaleb saat kami hubungi.

Sesampainya di Bandung, Kaleb masih melakukan beberapa aktivitas di luar tapi tetap dengan mematuhi anjuran pemerintah untuk pembatasan sosial dan berjarak. “Waktu di Bandung, seminggu pertama saya masih full aktivitas gym, karena semua tempat masih buka saat itu. Juga sempat nonton ke bioskop di minggu itu. Namun, saya tetap jaga jarak aman dengan orang lain, meggunakan masker, jaga kebersihan dengan cuci tangan.”

Seiring berjalannya waktu, tempat-tempat pusat kegiatan di Bandung pun mulai tutup mengikuti arahan pemerintah. Di sini, akhirnya Kaleb mencari cara lain untuk mengisi waktu luangnya dan tetap menjaga kebugaran tubuh. Cara lain yang dipilih Kaleb adalah hiking dan bersepeda.

“Bandung sekarang sudah sangat sepi. Tidak banyak kegiatan yang melibatkan kerumunan masyarakat. Jadi, saya dan adik saya (Jan Misael, pemain NSH Jakarta) sekarang sedang gemar-gemarnya hiking dan bersepeda. Dua hal ini kan tidak melibatkan banyak orang, tempat-tempat yang kami kunjungi juga umumnya sepi, jadi tetap aman. Kami juga tetap pakai masker dan menjalankan semua anjuran kesehatan.”

Kaleb kerap mengunggah kegiatannya ini di akun instagram pribadinya. Ia mendaku, ia sempat menempuh jarak total 100 kilometer dalam perjalanan terbarunya. "Perjalanan paling baru kemarin rasanya 100 kilometer. Rute yang saya tempuh Cijerah – Maribaya via Lembang, lalu Maribaya ke Ujung Berung, tepatnya alun-alaun berung, kemudian kembali pulang ke Cijerah dari Ujung Berung. Jauh itu, tapi sangat menyenangkan.”

Saat kami tanya tentang wacana kelanjutan IBL yang mungkin akan dimulai lagi di sekitar bulan September dan langsung ke babak playoff, Kaleb pun angkat bicara. Menurutnya, wacana ini cukup baik dan akan membuat semua tim tetap bersemangat di tengah pandemi seperti ini.

“Saya dukung wacana ini dan semoga pandemi ini segera berakhir hingga wacana tersebut bisa terwujud. Dengan dilanjutkannya IBL, maka tim-tim akan semangat dan persiapan mereka yang lalu tidak akan sia-sia. Pastinya, setiap tim kan sudah berkorban waktu, tenaga, dan uang untuk menjalani satu musim penuh, tentu sayang jika berakhir begitu saja. Tetapi, nanti jarak dari musim ini ke musim baru yang harus dilihat lagi oleh IBL. Kalau jadwal musim baru tetap disamakan, maka jeda musimnya akan sangat mepet sekali dan akan menyulitkan,”lanjutnya.

Jika musim berlanjut langsung ke playoff, maka Patriots tidak akan berpartisipasi. Sejak awal wacana keikutsertaan Patriots sebagai salah satu kontestan liga, Patriots memang tidak akan bermain di playoff. Mereka hanya akan berlaga di 18 gim musim reguler.

“Ya, ini semua kan (pandemi virus corona) tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Saya sih merasa tidak apa-apa Patriots tidak bermain asal setiap pemainnya terus menjaga kondisinya. Jadwal selanjutnya timnas Indonesia main kan November, jadi memang seharusnya kami sudah tidak ikut di liga. Fokus mengembangkan diri dan melakukan persiapan sebaik mungkin untuk laga timnas selanjutnya saja,” tutup Kaleb.

Foto: Hariyanto

 

Komentar