IBL

Tom Thibodeau sudah tidak melatih di NBA sejak awal Januari 2019 lalu. Namun, ia yakin dirinya bisa kembali ke sisi lapangan. Setidaknya pada 2020-2021.

Musim depan, kursi kepala pelatih di beberapa klub juga akan kosong. Salah tiganya adalah New York Knicks, Brooklyn Nets, dan Houston Rockets. Chicago Bulls, yang tengah membenahi manajemen mereka, berpotensi mengalami hal yang sama.

Thibodeau sebelumnya sempat melatih Bulls. Ia memimpin tim asal Chicago itu pada 2010—2015. Saat itu, Thibodeau mengasuh pemain-pemain seperti Derrick Rose, Joakim Noah, Taj Gibson, dan Luol Deng. Bersama-sama, mereka selalu menembus playoff.

Thibodeau sempat mendapat gelar Coach of the Year pada 2011. Ia juga terpilih sebagai pelatih All-Star tahun berikutnya. Itu menjadi salah dua prestasi individu yang dimilikinya.

Setelah kerja samanya bersama Bulls berakhir, pelatih berusia 62 tahun tersebut berlabuh ke Minnesota Timberwolves. Namun, gagal membuatnya sehebat Bulls. Timberwolves kemudian memecatnya pada 2019. Thibodeau pun menganggur sejak itu.

Selama menganggur, Thibodeau berkeliling Amerika Serikat. Bertemu dengan pelatih-pelatih NBA dan NCAA. Suatu waktu, ia muncul di hadapan media. Membicarakan kemungkinan kembalinya ke liga bola basket tersohor sedunia. Ia yakin bisa mendapatkan pekerjaan musim depan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar