IBL

Jimmy Butler punya nomor punggung berbeda-beda. Saat memutuskan pindah ke Miami Heat, ia mengenakan nomor 22. Butler punya alasan tersendiri tentang pilihan nomornya itu.

Sejak lama, forwarda Heat tersebut memang selalu memilih nomor jersei dengan suatu latar belakang. Butler setidaknya pernah mengenakan empat nomor berbeda.

Miami Heat (22)

Butler pindah ke Miami pada musim panas 2019. Ia memutuskan untuk bergabung dengan mereka setelah kontraknya berakhir bersama Philadelphia 76ers. Butler memilih nomor 22 di Heat.

Sang pemain memilih nomor 22 karena Taj Gibson. Nomor itu sempat dikenakan Gibson saat di Chicago Bulls. Kebetulan Butler dan Gibson pernah bermain bersama di sana. Gibson adalah senior Butler.

“Terkadang orang memilih angka karena seseorang yang menginspirasi mereka, dan Taj adalah salah satu dari mereka,” kata Butler per The Athletic.

Menurut Butler, Gibson adalah sosok yang keras. Ia telah mempelajari banyak hal darinya, terutama tentang menjadi seorang pemain pro. Butler bersyukur karena bisa mendapatkan itu dari Gibson.

Minnesota Timberwolves dan Philadelphia 76ers (23)

Sebelum pindah ke Miami, Butler sempat membela dua klub berbeda: Minnesota Timberwolves dan Philadlephia 76ers. Di sana ia mengenakan nomor punggung 23.

Menurut pengakhuan Butler, nomor itu dipilihnya karena Michael Jordan. Saat itu, ia kebetulan bergabung dengan Jordan Brand. Nomor 23 selalu lekat dengan sosok sang legenda. Apalagi Butler dan Jordan sama-sama pernah membela Bulls.

Chicago Bulls (21)

Butler membela Bulls selama enam musim pada 2011—2017. Saat itu, ia mengenakan nomor 21. Butler memilihnya karena ia dipilih pada urutan ke-21 dalam NBA Draft 2011.

Selain karena hal tersebut, Butler juga punya seorang teman. Namanya Joe Fulce. Fulce mengenakan nomor 21. Ia merupakan sosok penting bagi Butler. Oleh karena Fulce, Butler bisa menjadi seorang pro.  

Marquette University (33)

Sebelum terjun ke dunia pro, Butler menghabiskan waktunya di Marquette University selama tiga tahun. Ia mengenakan jersei nomor 33 di sana. Butler memilih nomor itu karena sahabatnya, Jordan Leslie, yang sekarang menjadi pemain pro sepak bola amerika.

Butler dan Leslie tinggal bersama. Orang tua sahabatnya itu sangat baik kepadanya. Ibunya merupakan penggemar Larry Bird. Bird mengenakan jersei nomor 33 saat membela Boston Celtics pada 1979—1992.  

Tomball Senior High School (1)

Saat masih SMA, Butler mengidolai Tracy McGrady. Maka, ia pun mengenakan nomor 1. Butler membela tim bola basket Tomball Senior High School bersama Leslie.

McGrady sendiri memang lekat dengan nomor 1. Ia hampir selalu mengenakan nomor itu, kecuali saat bersama Houston Rockets dan New York Knicks pada 2010. Saat itu, McGrady mengenakan nomor 3. (GNP)

Foto: NBA

Komentar