IBL

Dewan Pusat FIBA (FIBA Central Board) akan terus memantau perkembangan wabah Covid-19 setiap hari. Hal ini dilakukan untuk bisa mencabut keputusan penangguhan kompetisi juga wabah mereda. Pertemuan Dewan Pusat juga membahas tentang kalender kompetisi yang baru, bila situasi memungkinkan untuk melakukan pertandingan.

Dewan Pusat FIBA (FIBA Central Board) mengadakan pertemuan selama dua hari (26 dan 27 Maret 2020). Pertemuan ini seharusnya berlangsung di Markas Besar FIBA, di Swiss. Namun karena wabah Covid-19 akhirnya pertemuan dilakukan melalui konferensi video. Dalam pertemuan tersebut, Dewan Pusat juga melakukan hening cipta sejenak untuk menghormati mendiang Sekretaris Jenderal FIBA Emeritus Borislav Stankovic.

Berikut rangkuman hasil pertemuan Dewan Pusat FIBA:

1. Australia Tuan Rumah Piala Dunia Basket Wanita (FIBA Women's Basketball World Cup) tahun 2022
FIBA memberikan hak tuan rumah Piala Dunia Basket Wanita untuk Australia. Mereka berhasil unggul dari Rusia, yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah.

2. Olimpade Tokyo 2020
Dewan Pusat menyambut keputusan bersama Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Komite Penyelenggara Tokyo 2020, untuk menunda Olimpiade Tokyo 2020 hingga tahun depan (2021). FIBA akan melanjutkan diskusi mereka dengan IOC untuk menemukan solusi terbaik untuk penjadwalan Olimpiade dan enam Turnamen Kualifikasi Olimpiade yang tersisa (dua untuk bola basket 3x3 dan empat untuk bola basket putra). Sementara itu, tim sudah lolos ke Olimpiade akan mempertahankan tempatnya. Tidak ada yang berubah.
 
3. Pandemi Covid-19
FIBA sudah melakukan penangguhan kompetisi sejak 12 Maret lalu. Namun mereka juga melakukan pantauan setiap hari melalui Ketua Komisi Medis FIBA ​​Dr Peter Harcourt. Dalam pertemuan tersebut diputuskan bahwa FIBA bisa melakukan pencabutan penangguhan kompetisi ketika situasi memungkinkan. FIBA akan mengadakan rapat Komisi Kompetisi untuk membahas lebih lanjut mengenai perubahan Kalender Kompetisi FIBA untuk 2020 dan 2021. Rapat ini akan digelar setelah tanggal Olimpiade yang baru sudah diumumkan.

4. Kompetisi sub-Zona
Dewan Pusat menerima presentasi terperinci tentang Kualifikasi Olimpiade kategori Wanita, dan jendela pertama Kualifikasi Piala Continental 2021, yang berlangsung akhir Februari 2020 di Wilayah Afrika, Amerika, dan Asia-Oceania. Bahwa dengan diterimanya laporan tersebut, kompetisi tidak perlu diulang. Hanya akan diubah jadwal pertandingannya saja. (tor)

Foto: FIBA 

Komentar