IBL

Saat musim reguler NBA sudah akan mendekati akhir (sebelum ditunda karena pandemi virus corona), ESPN sebagai salah satu media olahraga terbesar selalu menggelar survei. Survei ini pun melibatkan awak media basket baik di skala lokal (per kota atau negara bagian), nasional, hingga internasional. Hal-hal yang masuk dalam survei biasanya terkait gelar individu NBA atau pun perkiraan juara.

Salah satu survei yang baru saja dirilis hasilnya pada 24 Maret 2020, waktu setempat adalah survei mengenai prediksi pemenang gelar ruki terbaik (Rookie of the Year). Survei ini diikuti oleh 70 media yang mana setiap media punya hak tiga suara. Satu suara untuk calon ruki terbaik, satu suara untuk peringkat kedua, satu lagi untuk peringkat tiga.

Menariknya, hasil survei menunjukkan kemenangan mutlak ruki Memphis Grizzlies, Ja Morant. Seluruh media memilihnya sebagai ruki terbaik musim ini, mengungguli Zion Williamson di peringkat dua, dan Kendrick Nunn di peringkat tiga. Morant mendapatkan 70 suara (100 persen) pemilihan dari media. Zion mendapatkan 51 suara di peringkat dua sementara Nunn 35 suara di peringkat tiga.

Keunggulan mutlak ini sebenarnya tak cukup mengagetkan. Ada dua hal yang melandasi bahwa kabar ini adalah kabar yang sangat terprediksi dan masuk akal. Pertama, tentunya performa Morant yang luar biasa, Sebagai debutan dan baru berusia 20 tahun, Morant sudah memimpin Grizzlies di hasil terbaik mereka, melebihi ekskpektasi banyak orang di awal musim.

Bagaimana tidak, dengan skuat yang bermaterikan pemain usia muda, Morant berhasil membantu Grizzlies duduk di peringkat delapan klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah (32-33). Morant memiliki rataan 17,6 poin dan 6,9 asis per gim. Catatan poin itu jadi yang terbanyak kedua di antara para ruki sedangkan asisnya jadi yang paling banyak di antara kelas NBA Draft 2019.

Alasan kedua adalah cederanya Zion. Perlu diketahui, Zion adalah pemilik rataan poin terbanyak di antara para ruki dengan 23,6 poin per gim. Sayangnya, Zion baru bermain 19 kali dari total 64 gim New Orleans Pelicans musim ini. Dalam sejarah gelar Rookie of the Year, belum ada pemain yang bermain tidak sampai 50 gim yang mampu memenangkan gelar ini. Patrick Ewing adalah peraih gelar ruki terbaik dengan gim paling sedikit (50 gim).

Morant memang menunjukkan penampilan spesial musim ini. Sebagai pengatur serangan Grizzlies, ia cukup mampu menguasai tempo permainan, mampu mencetak angka, dan sangat brilian dalam memberi umpan. Tak jarang, ia juga memberikan aksi-aksi dunk atau gerakan spektakuler untuk para penggemar.

Jika nantinya hasil survei ini selaras dengan hasil akhir pada NBA Awards 2020, maka Morant akan masuk buku sejarah. Ia akan jadi ruki keempat yang mampu menang gelar ruki terbaik dengan mutlak (unanimous). Sebelum Morant, tiga ruki lainnya adalah Blake Griffin, Damian Lillard, dan Karl-Anthony Towns.

Munculnya nama Nunn di tiga besar ini bisa dibilang jadi kejutan terbesar dalam perebutan gelar ini. Sedikit mengingatkan, Nunn berstatus undrafted saat masuk dalam skuat Miami Heat. Ya, ia satu-satunya pemain yang terpilih di survei dengan status undrafted.

Di luar tiga nama di atas, tidak ada ruki yang cukup mendekati pencapaian mereka. Brandon Clarke, rekan setim Morant berada di peringkat empat. Eric Paschall jadi satu-satunya nama yang berasal dari pilihan putaran kedua. Berturut kemudian ada R.J. Barrett, Coby White, Rui Hachimura, P.J. Washington, dan Tyler Herro. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar