IBL

Dengan kesedihan yang mendalam, pada 20 Maret 2020, FIBA mengumumkan bahwa Sekretaris Jenderal FIBA Emeritus Borislav Stankovic tutup usia. Beliau berusia 94 tahun. Borislav Stankovic menjabat sebagai Sekretaris Jenderal kedua di FIBA, dengan masa jabatan 1976 hingga 2002. Beliau juga merupakan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC). Borislav menjadi Sekretaris Jenderal FIBA Emeritus sejak 2003.

"Atas nama FIBA, saya ingin menyampaikan simpati terdalam kami dan menyampaikan belasungkawa tulus kami kepada keluarga, teman-teman, dan orang-orang terkasih Borislav Stankovic," kata Andreas Zagklis selaku Sekretaris Jenderal FIBA.

Borislav Stankovic merupakan bagian penting dalam sejarah olahraga basket. Beliau merupakan peserta Piala Dunia Basket (FIBA World Cup) pertama di tahun 1950. Kemudian bertugas sebagai panitia penyelenggara Piala Dunia Basket pertama di Eropa (Yugoslavia, 1970). Borislav Stankovic juga menjadi pemimpin federasi bola basket Internasional hampir seperempat abad.

Borislav lahir pada 9 Juli 1925 di kota Bihac, Yugoslavia. Beliau terlibat di kegiatan olahraga sejak kecil, dan fokus pada tenis lapangan dan tenis meja. Kemudian di usia remaja, Borislav mulai menemukan basket. Dia pun tertarik dan ingin lebih jauh mendalaminya. Saat menjalani studi Kedokteran Hewan di Universitas Belgrade, basket makin digemari.

Sebagai pemain, Borislav Stankovic membantu Red Star Belgrade memenangkan dua gelar nasional (1946 dan 1947), dan terpilih menjadi pemain timnas Yugoslavia sebanyak 36 turnamen. Termasuk, Piala Dunia Basket pertama di Boenos Aires, Argentina, pada tahun 1950.

Kariernya berlanjut ke dunia kepelatihan. Sebagai pelatih, Borislav Stankovic memimpin tim OKK Belgrade meraih empat gelar juara di liga Yugoslavia, lalu bersama tim Oransoda menjuarai liga Italia.

Mulai tahun 1953, Stankovic memulai kariernya yang cemerlang di dunia administrasi olahraga yang berlangsung lebih dari tujuh dekade. Borislav Stankovic menjabat sebagai Dewan Pusat Federasi Bola Basket Yugoslavia (YBF) sejak tahun 1953. Pada tahun 1960, Renato William Jones menjabat sebagai Sekretaris Jenderal FIBA, yang menunjuk Borislav menjadi wakilnya pada tahun 1972. Empat tahun kemudian, Borislav menggantikan Renato, dan menjabat sebagai Sekretatis Jenderal FIBA selama 26 tahun.(tor)

Sumber Berita dan Foto: Rilis Media FIBA

Komentar