IBL

Lakers merilis pernyataan resmi terkait Covid-19. Klub asal Los Angeles itu mengatakan bahwa pihaknya segera menghubungi para pemain, pelatih, dan staf operasional untuk memastikan keamanan dan kesehatan mereka. Sebab, sebelumnya, Lakers sempat berhadap dengan Brooklyn Nets, yang empat pemainnya dinyatakan positif terjangkit virus corona (SARS-CoV-2) pada Selasa, 17 Maret 2020 waktu setempat.

Lakers menaruh perhatian pada pengumuman itu sejak dini. Mereka bahkan berusaha mengikuti prosedur dan protokol Covid-19 dengan berkonsultasi kepada NBA, dinas kesehatan, dan dokter UCLA. Nantinya Lakers mesti fokus mengawasi pemain dan staf yang sempat menjalin kontak dengan Nets pada pertandingan yang berlangsung di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Selasa, 10 Maret lalu.

Dari empat pemain Nets, Kevin Durant—yang belum sempat tampil sekalipun pada 2019-2020 ini—menjadi salah satu yang terjangkit. Ia mengatakan dirinya baik-baik saja. Durant tidak mengalami gejala Covid-19. Namun, virus itu tetap masuk ke dalam tubuhnya.

Saat ini, Durant dkk. berada di bawah pengawasan. Nets mengarantina mereka hingga waktu yang tidak ditentukan. Pemain NBA yang terjangkit Covid-19 pun bertambah banyak. Ada tujuh orang yang sudah dinyatakan positif.

NBA sendiri langsung menunda kompetisi begitu mengetahui Rudy Gobert, senter Utah Jazz, terjangkit Covid-19. Sudah seminggu mereka menarik pertandingan-pertandingan reguler. Komisioner Adam Silver mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan waktu sekitar 30 hari untuk mengawasi perkembangan. Bahkan, penundaan bisa lebih lama setelah adanya rekomendasi dari Center for Disease Control and Prevention (CDC).

Pada saat-saat seperti itu, klub-klub NBA mulai berhati-hati. Nets saja melakukan pemeriksaan kesehatan sendiri pada para pemainnya, termasuk mereka yang tidak punya gejala Covid-19. Dari empat pemain terjangkit, memang hanya satu yang mengalami gejala. Durant tidak mengalami gejala.

Para pemain Lakers saat ini tampak sehat. LeBron James sempat mengunjungi fasilitas latihan klub. Pemain lain berada di rumahnya masing-masing. Lakers akan fokus pada tindakan selanjutnya untuk memastikan mereka benar-benar aman. (GNP)

Foto: NBA

Komentar