IBL

NBA menunda musim 2019-2020 karena virus corona (SARS-Cov-2) yang menyebabkan COVID-19 pada Rabu, 11 Maret 2020 waktu setempat. Mereka mengimbau para pemain untuk tetap berada di rumah sampai krisis mereda. Termasuk garda Golden State Warriors Stephen Curry.

Curry tentu saja menaati imbauan itu. Ia bersama keluarganya sekarang. Bahkan, punya pesan untuk masyarakat luas. Ia menggunakan media sosial untuk menyampaikan hal itu.

Pemain dengan gelar Most Valuable Player (MVP) dua kali itu meminta orang-orang untuk peduli dengan sekitarnya. Salah satunya dengan menerapkan social distancing. Curry berharap orang-orang bisa menjaga jarak dengan massa untuk meminimalisasi penyebaran virus. Mengingat penularannya melalui droplet yang biasanya berasal dari bersin (sneezing) dan batuk (coughing).

Imbauan itu sebenarnya tidak hanya datang dari Curry. Center for Disease Control and Prevention (CDC) juga mengatakan hal yang sama. Mereka ingin masyarakat bisa melakukannya melalui serangkaian praktik yang ditentukan berdasarkan ukuran dan demografi sekitarnya.

Selain Curry, ada pula pemain NBA yang menggunakan platform media sosial untuk kepentingan masyarakat luas. Damian Lillard dan Giannis Antetokounmpo, misalnya, muncul di internet demi meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap krisis seperti ini. Sementara Rudy Gobert, pemain NBA pertama yang teridentifikasi positif COVID-19, menyampaikan pesan sekaligus permintaan maaf kepada semua pihak karena kecerobohannya. Ia ikut mengimbau masyarakat agar menjaga diri dan sekitarnya.

Curry sendiri sebelumnya sempat ditakutkan terjangkit COVID-19. Kepala Pelatih Warriors Steve Kerr khawatir pemainnya benar-benar terkena pandemi. Sebab, Curry mengalami flu yang menjadi salah satu gejala penyakit yang disebabkan virus corona itu.

Untungnya, Curry hanya mengalami flu biasa. Ia bebas dari COVID-19. Curry beruntung tidak mengalami hal yang sama seperti Gobert dan dua pemain NBA lainnya, Donovan Mitchell dan Christian Wood.

Meski begitu, Curry tidak bisa beraktivitas dengan leluasa. Apalagi NBA mengimbaunya untuk tetap berada di rumah. Para pemain tidak diperbolehkan berlatih secara berkelompok. Mereka perlu social distancing demi kemashalatan banyak orang. (GNP)

Foto: NBA

Komentar