IBL

Pelita Jaya Bakrie mendapat tekanan dari Satya Wacana Salatiga. Namun, mereka berhasil mengatasi hal itu sehingga menang 72-67. Pelita Jaya sekaligus membuka perjalanan mereka di IBL 2020 Seri VI Surabaya dengan kemenangan di DBL Arena, Surabaya, Sabtu, 7 Maret 2020.

Dior Lowhorn mencetak dobel-dobel. Ia mengumpulkan 29 poin dan 16 rebound untuk Pelita Jaya. Adhi Pratama di belakangnya dengan 12 poin dari bangku cadangan. Sementara Reggie Mononimbar 11 poin plus 6 rebound.

Satya Wacana sempat memberi perlawanan. Christopher Sterling mencetak 23 poin dan 6 rebound. Montrell Williams dobel-dobel 21 poin dan 10 rebound. Daniel Hurtt 12 poin dan 8 rebound. Sayangnya, perlawanan itu kandas pada kuarter empat.

Pelita Jaya sendiri mesti bersaing sengit dengan Satya Wacana pada lima menit kuarter satu. Mereka tertinggal 10-11 saat itu. Kepala Pelatih Octaviarro Tamtelahitu pun mengambil jeda untuk mengatur ulang kembali permainan mereka.

Pelita Jaya tidak langsung bisa mengambil alih pertandingan. Namun, mereka perlahan-lahan naik ke atas angin. Pelita Jaya bahkan sukses menutup kuarter satu dengan unggul 21-16.

Meski unggul, Pelita Jaya mendapat perlawanan dari Satya Wacana. Satu-satunya wakil Jawa Tengah itu menempel ketat pada kuarter dua. Pelita Jaya hanya unggul tiga poin saat itu. Mereka memimpin 34-32 sampai turun minum.

Satya Wacana terus menekan. Mereka bahkan bisa unggul pada kuarter tiga. Satya Wacana memimpin 50-47.

Giliran Satya Wacana yang berada di atas angin. Mereka berkali-kali menahan serangan Pelita Jaya. Williams menjadi aktor utama dari pertahanan Satya Wacana. Ia melakukan blok dua kali kepada pemain Pelita Jaya. Satya Wacana pun unggul 57-50.

Sementara itu, Pelita Jaya dua kali mengambil jeda pada kuarter empat. Mereka berusaha mengatur permainan agar bisa kembali ke atas. Sampai akhirnya berhasil melakukan itu pada sisa waktu empat menit. Reggie mencetak dua poin lewat tembakan di area cat.

Sejak itu, Pelita Jaya tidak terkejar lagi. Padahal Satya Wacana sudah berusaha menekan. Pelita Jaya menutup pertandingan 72-67.

Pada pertandingan berikutnya, Pelita Jaya mesti menghadapi Satria Muda Pertamina. Pertandingan berlangsung lusa. Sementara Satya Wacana mesti mengakhiri perjalanan di Surabaya tanpa kemenangan satu pun. Mereka kalah dua kali beruntun. (GNP)

Foto:Achmad Rohman Ramadhan

Komentar