IBL

Bank BPD DIY Bima Perkasa menambah derita Prawira Bandung yang belum menang sejak Seri II. Bima Perkasa menundukkan Prawira dengan skor 81-78 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Jumat, 7 Februari 2020. Keberhasilan itu sekaligus menjadi kemenangan pertama Bima Perkasa di Seri IV Yogyakarta.

Devin Gilligan keluar sebagai top skor dengan 23 poin. Mamadou Diakite menambahkan 13 poin. Nuke Saputra 10 poin. Sayangnya, Nuke harus keluar dari pertandingan lebih cepat karena mengalami cedera pada kakinya.

Sementara itu, Prawira memiliki tiga pemain dengan perolehan dobel digit poin. Dimitri Cook mencetak 17 poin. Diftha Pratama 15 poin. William Tinsley IV dobel-dobel 11 poin dan 13 rebound.

Kekalahan Prawira hari ini membuat mereka terus berada di papan bawah. Tim asuhan Giedrius Zibenas tersebut sudah enam kali kalah beruntun. Mereka belum bisa bangkit juga dari sana.

Kendati demikian, pertandingan berlangsung sengit. Bahkan sejak kuarter satu. Bima Perkasa saat itu unggul tipis 21-20. Nuke dan Diakite mencetak 7 dan 6 poin. Sementara Prawira mendapat sokongan dari Diftha. Kapten tim asal Bandung itu mencetak delapan poin.

Pertandingan tetap sengit pada kuarter dua. Namun, Bima Perkasa berhasil melebarkan jarak empat poin. Mereka memimpin 41-37 sampai turun minum.

Pada kuarter tiga, Prawira akhirnya berhasil mengambil alih kedudukan. Mereka unggul 46-43 dengan sisa waktu tujuh menit. Bima Perkasa terpaksa mengambil jeda untuk memutus momentum tamunya.

Setelah itu, tuan rumah perlahan-lahan mendapatkan sentuhannya kembali. Mereka bahu-membahu mengejar ketertinggalan. Sampai akhrinya kembali unggul dengan skor 64-59.

Dalam kondisi tertinggal, Prawira terus menekan. Surliyadin sempat menyamakan kedudukan lewat tripoinnya di ujung kanan pertahanan lawan. Skor 68-68. Sisa waktu 6 menit 53 detik.

Pada sisa waktu itu, Bima Perkasa bangkit. Mereka berhasil mengungguli Prawira. Gilligan dkk. kemudian berusaha untuk menjaga wajahnya di depan pendukung sendiri sampai akhir pertandingan. Mereka menutupnya dengan skor 81-78.

Bima Perkasa kini mengantungi satu menang dan satu kalah di Seri IV. Mereka akan melakoni pertandingan terakhir di Yogyakarta dengan menghadapi NSH Jakarta.

Di sisi lain, Prawira masih punya kesempatan untuk meraih kemenangan di seri ini. Mereka akan menghadapi Pacific Caesar Surabaya besok. (GNP)

Foto: Hari Purwanto

Komentar