IBL

Michael Glover tampil perkasa dalam kemenangan 93-89 NSH Jakarta atas Indonesia Patriots. Bermain selama 36 menit, Glover mencetak dobel-dobel 39 poin dan 12 rebound. Glover memasukkan 13/25 tembakannya yang setara dengan 52 persen. Glover juga memasukkan 12/17 tembakan gratisnya (70 persen).

Di belakang Glover, Dashaun Wiggins mengikuti dengan 19 poin dan 6 asis sedangkan Lutfi Koswara menambahkan 12 poin dari 4/7 tripoin. Dari Patriots, Brandon Jawato jadi top skor dengan 28 poin, 8 rebound, dan 5 asis. Lester Prosper dobel-dobel 18 poin dan 15 rebound sementara Andakara Prastawa 15 poin dari 6/9 tembakan (67 persen).

“Saya menghabiskan waktu semalam dengan melihat video permainan Patriots, pelatih tidak tahu itu, saya melihatnya seorang diri di kamar saya,” buka Glover tentang gim hari ini. “Dari sana, saya tahu banyak hal tentang Patriots, utamanya Lester Prosper. Bagaimana ia bergerak, opsi-opsi serangan dan posisinya bertahan, semua saya pelajari. Ini bagian dari pekerjaan saya dan saya senang dengan hasil akhir kami,” tutupnya.

Kepala Pelatih NSH, Antonius Ferry Rinaldo, mengungkapkan bahwa memang ada keuntungan ia sempat menjadi bagian dari tim pelatih Patriots. Dia sedikit banyak tahu harus melakukan apa di gim ini. “Patriots ini sudah bagus dalam open play dan tembakan jarak jauh, tapi saya belum lihat tim ini bisa tampil bagus di area kunci, dan itu terlihat di gim hari ini,” ujarnya.

NSH jadi tim kedua yang mengalahkan Patriots di IBL 2020. Sebelumnya, Pelita Jaya Bakrie berhasil mengalahkan Patriots di Seri 1 Semarang. NSH pun kini menorehkan empat kemenangan dari enam gim yang sudah mereka lalui. Sementara Patriots sudah main tujuh kali dan kalah dua kali.

Brandon Jawato tampil istimewa di paruh pertama, utamanya kuarter kedua. Setelah hanya mencetak tiga poin di kuarter pertama, Brandon menambahkan 14 poin di kuarter dua yang berujung pada 17 poin di paruh pertama. Sumbangsih besar Brandon ini membuat Patriots berhasil membalik keadaan. NSH unggul empat poin di kuarter pertama dan berbalik unggul enam poin 49-43 memasuki jeda paruh pertandingan.

Di kuarter tiga, Brandon tak kunjung mereda. Aksi balas tripoinnya bersama Dashaun Wiggins jadi suguhan apik penonton yang hadir. Patriots lantas seperti kehilangan fokus mereka dan membiarkan NSH menyerang area kunci mereka. Sempat menyamakan kedudukan di angka 59, NSH harus rela menutup kuarter tiga dalam posisi tertinggal. Meski begitu, mereka berhasil memangkas ketinggalan mereka dari kuarter sebelumnya jadi hanya tiga poin 67-64.

NSH kembali membawa gim menjadi sengit di 10 menit terakhir. Glover benar-benar memberikan tekanan yang luar biasa kepada pertahanan Patriots. Dari area kunci, tembakan tripoin, hingga terobosan seorang diri dilakukan oleh Glover. Glover membawa NSH menyamakan kedudukan bahkan sempat unggul.

Di sisa tiga menit pertandingan, kedua tim bergantian mengambil keunggulan. Tercatat ada BERAPA pergantian keunggulan di sepanjang kuarter ini. Tripoin Lutfi Koswara di sisa 18 detik lantas membawa NSH unggul tiga poin dan memaksa Patriots mengambil timeout. Sayangnya, timeout ini justru berujung turnover dan memaksa Lester Prosper melakukan pelanggaran kelimnya atau fouled out. Di sisa waktu yang ada, NSH tak terkejar lagi oleh Patriots dan menutup gim dengan kemenangan 93-89. (DRMK)

Foto: Harianto

 

Komentar