IBL

Duo veteran NBA Nate Robinson dan Carlos Boozer akan memulai bisnis baru bersama. Lini busana bernama HOLDAT (ungkapan slank dari kata Hold That) namanya. Melalui akun Instagram, Nate dan Boozer mengumumkan bahwa busana kasual berakar olahraga ini akan dirilis Jumat, 31 Januari 2020.

Karir Nate Robinson di kancah basket mungkin sudah berakhir. Akan tetapi, aktivitasnya di luar lapangan terbilang banyak. Menjalankan kanal podcast, menulis buku, memandu program sosial, bintang iklan, menyediakan pesohor media sosial, hingga pembawa acara “House Guest” milik The Player’s Tribune. Ia dipastikan menambah satu lagi lini bisnis, yaitu sebuah lini busana.

Sementara Boozer getol tampil di beberapa program televisi sebagai pembicara. Mulai dari “Nothing But Net” oleh ESPN dan analis pertandingan untuk Atlantic Coast Conference (ACC) Network yang menampilkan ulasan pertandingan basket pelajar hingga NCAA.

Relasi keduanya pascapensiun dimulai pada 2018. Mereka didapuk sebagai pengisi suara Podcast milik Sports Illustrated melalui platform Spotify. Suara mereka mengudara sedari 21 Februari 2018 hingga 11 Mei 2018 dalam program berjudul “HOLDAT with Carlos Boozer and Nate Robinson”. Pembahasan pertandingan NBA di musim itu jadi tajuk utama. Meski bertahan selama tiga bulan saja, persahabatan mereka kian erat dari sini.

Carlos Boozer memakai sampel produk HOLDAT.

Nama “HOLDAT” punya nilai sentimentil. Keduanya terdaftar di roster tim Chicago Bulls medio 2012-2013 dan di sanalah mulanya. Sports Illustrated sempat menanyai asal muasal istilah ini langsung ke Boozer dan Robinson.

“Istilah HOLDAT datang dari rekan saya Joakim Noah. Waktu itu kami sedang bertanding melawan Boston Celtics di babak Eastern Conference. Pertandingan berlangsung sangat sengit hingga melebar ke babak tambahan. Noah dan Kevin Garnett terlibat duel sengit sejak babak pertama. Di detik terakhir, D. Rose berlari masuk lalu memberikan bolanya ke Noah yang dijaga Garnett. Ia menyelesaikannya dengan melompat dan memutar tubuhnya. Garnett tak bisa menghentikannya. Seketika ia berteriak ‘HOLD THAT!’ tepat di muka Garnett yang gagal menjaganya,” cerita Boozer.

Noah seakan ketagihan berteriak demikian. Bersama Noah, roster Chicago Bulls kala itu memuat Carlos Boozer, Taj Gibson, Luol Deng, Derrick Rose, dan Rip Hamilton pun ikut berteriak Hold That secara spontan setelah menghasilkan angka seperti rekannya.

Semusim kemudian, Robinson datang ke Chicago dari New York Knicks. Kebiasaan itu sudah ia kenali bahkan saat masih sebagai lawan. “Kami sempat bertanding musim itu. Noah mendapat dua tembakan bebas. Yang pertama gagal. Lalu, ia berhasil menyelesaikan yang kedua. Saya kaget karena setelah itu ia berteriak ‘Hold That!’. Mereka melakukannya lagi setelah membuat poin selanjutnya. Setelah saya berseragam Bulls, saya jadi bagian dari mereka dan merasakan sensasinya langsung,” pungkas Robinson.

Kebiasaan yang berawal tidak sengaja berubah menjadi pergerakan media sosial. Boozer dan Robinson kerap memakai tagar #holdat setelah mengunggah foto di Instagram. Hingga kemudian pada 10 Mei 2019, Robinson pertama kali mengunggah logo lini busana HOLDAT. Dilanjutkan dengan Boozer yang menaikkan konten serupa pada 31 Agustus.

Mendekati tenggat perilisan, Forbes membuat wawancara eksklusif. Robinson dibantu Gary Vaynerchuk selaku ahli pemasaran dan Napoleon Korber selaku manajer pribadi. Pemilihan bahan, detail grafis, hingga pembuatan sampel diperhatikan langsung oleh mantan pemain NBA tersebut.

Program promosi berbentuk serial video pendek sudah direncanakan dengan matang menggandeng pesohor di lingkungan basket. Seri pertama berjudul “Yacht Club” mengundang DJ Khaled dan artis media sosial bernama Kelv. Seri kedua berjudul “Chopping It Up” berisi obrolan Robinson dengan pemain basket NBA. Episode pertama mengundang Kevin Durant sementara bintang tamu selanjutnya akan dikonfirmasi lebih lanjut.

“Saya berusaha untuk tetap tampil apa adanya. Boozer pun demikian. Kami adalah pria yang besar dari basket dan sedang menjalani hidup indah bersama keluarga juga anak-anak kami. HOLDAT jadi media mengungkapkan keresahan saya sebagai manusia biasa yang selama ini terpendam,” tutur Robinson tentang latar belakang pembuatan HOLDAT.

Robinson ingin mengutarakan apa yang ia pikirkan ke dalam bentuk pakaian. Koleksi pengenalan memuat busana yang sangat kental dengan unsur olahraga. Mulai dari kaus, jaket hoodie, topi, dan celana latihan. Dwyane Wade sudah menunjukkan dukungan dengan memakai hoodie dan mengunggahnya di media sosial.

Ada banyak cara bagi para pensiunan atlet basket untuk bertahan hidup setelah masa bermainnya berakhir. Membuat koleksi busana semacam ini menjadi salah satunya. Insting interaktif dan komunikatif dari Nate Robinson membawanya pada dunia entertainmen media sosial. Analisa pertandingan yang apik membawa Carlos Boozer hingga Shaquille O’Neal jadi pembicara di acara ulasan pertandingan. Majalah Mainbasket edisi Februari 2020 menceritakan lebih lengkap tentang bisnis pemain NBA yang diharapkan akan jadi pemasukan setelah mereka pensiun.

Foto: akun Instagram @holdatclothing, @mrcbooz, dan @naterobinson

Komentar