IBL

Kobe Bryant, bekas pemain Los Angeles Lakers, merupakan sosok yang besar. Sangat besar malah. Saat meninggal karena kecelakaan udara, orang-orang berbondong-bondong mengungkapkan belasungkawa. Tidak hanya dari kalangan NBA, tetapi juga masyarakat luas, baik mereka yang mengerti maupun tidak mengerti bola basket.

Penghormatan-penghormatan untuk Bryant dilakukan di mana-mana. Para penggemar Lakers, misalnya, datang ke Staples Center untuk berkabung. Mereka berangkat dengan berbagai buah tangan, seperti: bunga, boneka, bola, topi, foto, dan lainnya.

Penghormatan-penghormatan juga dilakukan di lapangan. Dalam berbagai bentuk. Pada umumnya menggunakan simbol-simbol yang merepresentasikan Bryant.

Gol Neymar Jr.

Neymar Jr., penyerang Paris Saint-Germain, mencetak gol kedua lewat penalti saat menghadapi Lille. Ia kemudian melakukan selebrasi dengan menunjukkan jari berbentuk 2 dan 4, yang berarti nomor punggung Bryant (24).

Atlet Adidas Kenakan Sepatu Nike

J.J. Redick, Derrick Favors, dan Nicolo Melli—atlet NBA yang bekerja sama dengan Adidas—rela mengenakan sepatu Nike milik Bryant setelah pemanasan sebagai bentuk penghormatan. Mereka mengenakan sepatu itu selama lagu kebangsaan.

Trae Young

Trae Young, garda Atlanta Hawks, mengenakan jersei nomor delapan saat menghadapi Washington Wizards. Nomor delapan merupakan nomor punggung pertama Bryant yang dikenakan sejak hidup di Itali sampai pertengahan kariernya di NBA.

24 Detik dan 8 Detik

Beberapa tim NBA yang bertanding pada hari meninggalnya Bryant menghabiskan 24 dan 8 detik di lapangan untuk menghormati Sang Legenda. Los Angeles Clippers, misalnya, menghabiskan 24 detik pertama mereka di Amway Center, Orlando, Florida, Amerikat Serikat. Sementara lawannya, Orlando Magic, menghabiskan delapan detik.

Kyrie Irving

Kyrie Irving, garda Brooklyn Nets, meninggalkan Madison Square Garden setelah mendengar kabar meninggalnya Bryant. Ia tidak kembali ke sana padahal timnya harus bertanding melawan New York Knicks. Irving memilih absen daripada tampil di hari yang pedih. Sementara itu, pemain-pemain lain dari berbagai pertandingan hari itu tetap tampil.

Dallas Mavericks Istirahatkan Nomor 24

Mark Cuban, pemilik Dallas Mavericks, mengistirahatkan jersei nomor 24 untuk menghormati Bryant. Ia mengatakan bahwa nomor itu tidak akan dipakai lagi oleh siapa pun. Miami Heat pernah melakukan hal yang sama. Mereka mengistirahatkan nomor 23 untuk menghormati Michael Jordan.

Oregon Convention Center

A.J. McCord, reporter KOIN News, berkendara ke Moda Center at the Rose Quarter untuk menyaksikan pertandingan Portland Trail Blazers versus Indiana Pacers. Dalam perjalanan, ia melihat Oregon Convention Center memasang warna ungu dan kuning untuk menghormati Bryant. Ungu dan kuning merepresentasikan warna khas Lakers.

Damian Lillard

Damian Lillard, garda Portland Trail Blazers, memutuskan untuk tetap tampil meski dalam kondisi berkabung. Menurutnya, Bryant pasti ingin para pemain tampil dalam kondisi apa pun.

Grammy Award

Grammy Award berlangsung di Staples Center bertepatan dengan hari meninggalnya Bryant. Acara anugerah musik itu kemudian memasang wujud Bryant bersama mendiang Nipsey Hussle dalam sebuah layar besar di atas pentas. Jersei nomor 8 dan 24 milik Bryant juga ditunjukkan di langit-langit Staples Center. (GNP)

Foto: NBA

Komentar