IBL

Delonte West memiliki kehidupan yang buruk pascakariernya di NBA. Ia seringkali tertangkap kamera tengah menjadi gelandangan. Belakangan, sebuah video menunjukkan sosoknya yang babak belur dengan tangan terikat.

NBPA sebagai asosiasi pemain NBA sebenarnya sudah bergerak untuk membantunya keluar dari masalah. Mereka menolong West dengan memindahkan status kependudukannya dari Dallas ke Maryland. NBPA juga ikut mencarikan tempat tinggal sekaligus membantunya secara finansial.

Danny Ainge, manajer umum sekaligus kepala operasional Boston Celtics, dikabarkan pernah memberi West pekerjaan sebagai pencari bakat. Area tugasnya meliputi Washington D.C. dan East Coast. Namun, West tidak konsisten hadir dalam pekerjaannya.

West sendiri terkenal memiliki masalah kepribadian akibat gangguan bipolar. Ia mesti bergelut dengan kesehatan mental, termasuk depresi. Akibatnya, karier West habis.

West tercatat pernah bermain dengan empat klub NBA berbeda, yaitu: Celtics, Seattle Supersonics, Cleveland Cavaliers, dan Dallas Mavericks. Celtics memilihnya pada urutan ke-24 pada NBA Draft 2004.

Pemain yang kini berusia 36 tahun tersebut juga sempat bermain dengan LeBron James saat membela Cavaliers. Kemudian, kembali ke Celtics setelah dua musim bermain di Cleveland. West mengakhiri kariernya di NBA bersama Mavericks pada 2012 silam dan memutuskan bertolak ke G League dan Cina.

Meski begitu, kariernya tidak berjalan mulus. West mesti berurusan dengan dirinya sendiri. Sampai akhirnya tampak menjadi gelandangan di Amerika Serikat. Video viral terakhir yang menampakkan dirinya membuat NBA kembali bergerak. NBPA juga berusaha untuk mencapainya lagi. Apalagi sekarang mereka punya program yang fokus pada masalah kesehatan mental. (GNP)

Foto: NBA   

Komentar