IBL

BPD DIY Bima Perkasa mengalahkan Amartha Hangtuah dalam pertandingan ketat di IBL 2020 Seri II Bandung. Azzaryan Pradhitya menjadi pahlawanan kemenangan lewat steal dan tembakannya pada detik-detik akhir. Bima Perkasa menang 69-65 di C-Tra Arena, Bandung, Sabtu, 18 Januari 2020.

Pradhitya sebenarnya hanya mencetak dua poin. Namun, penampilannya pada detik-detik akhir membuat Hangtuah kecolongan. David Seagers, pemain asing Bima Perkasa, keluar sebagai top skor tim. Ia mencetak 25 poin dan 9 rebound. Nuke Tri Saputra di belakangnya dengan 15 poin.

Hangtuah, di sisi lain, mendapat sokongan dari Laquavious Cotton. Pemain asing itu mencetak dobel-dobel 28 poin dan 13 rebound. Luca Lioteza menambahkan 11 poin dari bangku cadangan. Darnell Martin Jr. 10 poin dan 9 rebound.     

Hangtuah pada mulanya unggul 17-8. Namun, Bima Perkasa mampu balas menekan pada kuarter berikutnya. Mereka bahkan memangkas jarak sembilan poin menjadi empat saja. Skor sementara 28-24 untuk keunggulan Hangtuah.

Bima Perkasa kemudian semakin panas. Mereka mengambil alih kedudukan pada kuarter tiga. Nuke mencetak dua tripoin yang membuat Bima Perkasa di atas angin. Ia juga sempat melepas operan menusuk yang membuat temannya mudah mencetak poin. Bima Perkasa unggul 50-45.

Pertandingan menjadi sengit begitu masuk kuarter empat. Kedua tim saling susul-menyusul. Terjadi 6 pergantian keunggulan dan 6 imbang. Bima Perkasa unggul setelah Seagers mencetak dua tembakan gratis pada sisa 29 detik.

Seagers mendapat tembakan gratis dari kesalahan Abraham Wenas. Garda Hangtuah itu melakukan unsportmanlike foul pada waktu krusial. Padahal timnya tengah unggul 65-64.  

Tim asal Yogyakarta itu kemudian berusaha mempertahankan posisinya. Mereka bertahan sedemikian rupa untuk menahan laju Hangtuah. Pradhitya mencuri bola dari tangan Cotton, lalu mencetak dua poin dengan tembakan di bawah ring. Itu merupakan tembakan masuk Pradhitya satu-satunya hari ini. Bima Perkasa menang dengan skor 69-65.

Setelah ini, Bima Perkasa akan menghadapi Pelita Jaya Bakrie. Pertandingan berlangsung besok. Sementara itu, Hangtuah sudah tidak akan bermain lagi di Seri II. Mereka kalah 2 kali dari 2 pertandingan di seri ini. (GNP)

Foto: Ivan Dwi Kurnia Putra

Komentar