IBL

Kompetisi Surabaya Basketball League (SBL) 2019 berakhir Minggu, 22 Desember 2019. Line Spartan keluar sebagai juara Divisi 1, lalu BBM Viking Warriors juara Divisi 2, lalu BBM Viber Knights menjadi juara Divisi 3.

Ada 25 klub peserta Surabaya Basketball League 2019. Rinciannya, Divisi 1 ada 10 klub yaitu Mahameru, Go Skate, Familia, BBJ, D-Mix, Tri Dharma, SBT, Line Spartan, SWA JSC, dan SBC. Sedangkan Divisi 2 juga di ikuti 10 klub, yaitu Fiyyen Al Irsyad, Mahameru, Trinity Revolution, Dishtrick, BBM Viking, CLS, Xpander, JPS, SB 031, dan SBT. Sementara itu, Divisi 3 ada 5 klub peserta yaitu Venom, Trinity Oldschool, BBM Viber, Sili Finance, dan SVB.

Setelah menjalani kompetisi yang panjang, BBM Viber Knights bisa mencapai babak final Divisi 3 dan berhadapan dengan Venom Basketball Surabaya. Pertandingan final berjalan sengit hingga menit-menit akhir. BBM Viber bisa menundukkan Venom dengan skor tipis 52-50.

Hardrianto mencetak 18 poin untuk BBM Viber, disusul Sindhu Jeremu 13 poin, dan Yosua 11 poin. Sebaliknya Danu Rachmad dari Venom menyumbang 17 poin dan 10 rebound, diikuti Gregorio C dengan tambahan 10 poin.

Di Divisi 2, BBM Viking Warriors berhasil mengalahkan Cahaya Lestari Surabaya dengan skor 71-49. Dimas Aryo Dewanto menjadi pendulang poin terbanyak untuk BBM Viking dengan torehan 18 poin. Irvine K menyusul dengan 16 poin, serta Erick Wahyudi 14 poin.

Sementara itu partai final Divisi 1 mempertemukan Line Spartan dan Go Skate Surabaya. Line dominan dan memenangkan pertandingan dengan skor 63-41. Syam Albadi Hasyimi mencetak 14 poin untuk Line, disusul Niclaus Ramandaru dengan tambahan 13 poin.

SBL merupakan liga bola basket antar-klub di bawah naungan Pengurus Kota (Pengkot) Perbasi Kota Surabaya. Kompetisi ini dibagi menjadi 3 jenjang yaitu Divisi 1, 2 dan, 3. Tahun lalu kompetisi ini bernama Kompetisi Internal Surabaya (KIS). Mulai tahun ini Pengkot Perbasi Surabaya menggandeng Pacific Caesar Surabaya sebagai penyelenggara kompetisinya, serta disepakati dalam rapat perwakilan seluruh tim untuk mengubah nama menjadi Surabaya Basketball League (SBL).

Untuk Divisi 1 ada yang istimewa. Semifinalis atau 4 tim teratas Divisi 1 berhak mengikuti Piala Walikota Surabaya. Mereka punya kesempatan bertanding melawan 4 tim tamu dari tim profesional dari dalam dan luar negeri. Piala Walikota sendiri rencananya digelar pertengahan tahun 2020.

Sistem promosi dan degradasi berlaku pada Surabaya Basketball League tahun ini. Dua (2) tim peringkat terbawah dari masing-masing Divisi akan turun kasta. Sedangkan dua (2) tim pada peringkat teratas akan menggantikan posisi 2 tim yang terdegradasi. (tor)

Foto: Wisnu Raditya

Komentar