IBL

Mulai 26 hingga 30 November mendatang berlangsung gelaran Invitasi Basket Junior Internasional 2019 (Indonesia International Junior Basketball Invitation Tournament 2019). Turnamen ini digelar di The Hawk Stadium Expindo Center, BSD City, Tangerang Selatan, Banten. Agenda ini merupakan ajang pemanasan bagi timnas muda Indonesia.

Indonesia menurunkan empat tim, yaitu dua tim putra dan dua tim putri. Di kategori putra, pesertanya adalah Indonesia U16, Indonesia U17, Malaysia Tiger U19 dan Siglap Singapore U19. Sedangkan untuk kategori putri, Timnas U16 dan U17 Putri Indonesia juga akan saling berhadapan dengan Malaysia Tiger U17 dan Malaysia Supersports Wildcats U21.

"Turnamen ini sebagai pengganti SEABA junior yang dibatalkan. Tetapi khusus untuk tim putri, kami gunakan turnamen ini untuk persiapan timnas Indonesia ke FIBA Asia U18," kata Vincent Ngai, manajer timnas putri Indonesia U16.

Persiapan ini sangat mepet. Sebab pemain baru dipanggil untuk pemusatan latihan pada tanggal 19 November, dan akan bertanding pada 26 November mendatang. Tetapi waktu yang sempit itu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh tim pelatih.

"Kami baru mulai berlatih Selasa pagi. Baru tiga kali pertemuan. Namun saya upayakan agar pemain bisa menguasai materi latihan dengan baik. Kami juga berencana mengadakan uji coba dengan tim lokal," kata Rifky Antolyon, kepala pelatih timnas Indonesia U17 putra.

Semua tim Indonesia yang bertanding di ajang ini punya target jangka panjang menuju FIBA Asia U17 dan U18. Sedangkan sebagai tuan rumah, mereka tentu ingin menjuarai turnamen tersebut.

Turnamen ini bertujuan memberikan pengalaman dan kesempatan kepada para pemain Timnas U16 yang sudah di seleksi pertengahan tahun ini. Selain itu juga sebagai ajang persiapan, seleksi, dan pemantauan atlet untuk kompetisi timnas junior di tahun 2020 nanti, salah satunya adalah FIBA Asia Cup U18 for Women.

Berikut Jadwal Pertandingan Invitasi Basket Junior Internasional 2019:

(tor)
Foto: Dokumentasi Timnas Putri U16

Komentar