IBL

Skuat tim nasional putra Indonesia rampung. Manajer Maulana Fareza Tamrella mengabarkan 12 nama pemain hari ini, Senin 25 November 2019. Mereka yang terpilih akan mengikuti SEA Games 2019 di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, 4—10 Desember mendatang.

Timnas hendak mempertahankan prestasi tahun ini. Selama dua gelaran terakhir, mereka mendapat medali perak. Timnas menyasar hal yang sama.

“Target realistis mempertahankan perak,” kata Fareza.

Timnas punya waktu kurang dari delapan hari untuk mempersiapkan diri. Menurut Sang Manajer, persiapan berjalan lancar sejauh ini. Semua pemain juga dalam kondisi yang sehat.

Sebelum berangkat ke Filipina, timnas rencananya akan menjalani dua uji coba. Mereka akan melawan Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Basketball Club. Satria Muda kemarin baru merengkuh gelar juara Piala Presiden Bola Basket 2019.

Uji coba itu sendiri berlangsung pada Rabu dan Jumat. Kepala Pelatih Rajko Toroman akan kembali memimpin timnas. Sebelumnya, Sang Pelatih telah menggelar pemusatan latihan. Salah satunya di Serbia.

Sepulang dari Serbia, ada dua nama yang dicoret. Mereka adalah Indra Muhammad dan David Liberty Nuban. Indra kembali ke Pacific Caesar Surabaya sementara David ke Satya Wacana Salatiga.

Setelah pengumuman hari ini, ada satu nama lagi yang hilang. Ia adalah Muhammad Reza Guntara dari Prawira Bandung. Sebagai gantinya, Juan Lurent Kokodiputra (Satria Muda) masuk ke skuat final.

Juan juga tidak tampak membela timnya dalam gelaran Piala Presiden Bola Basket pada 20—24 November lalu. Itu memperkuat isu yang belakangan beredar. Apalagi Fareza mengatakan bahwa susunan pemain masih bisa berubah sampai hari ini.

Sementara itu, Kevin Yonas—rekan setimnya yang juga masuk skuat final SEA Games—ikut tampil di turnamen pramusim. Ia membantu Satria Muda mengalahkan Amartha Hangtuah di final. Setelah ini, Kevin mesti membantu timnas mempertahankan gelar.

Indonesia berada di Grup B. Mereka satu pul dengan Kamboja, Malaysia, dan Thailand. Sementara Grup A dihuni Filipina, Myanmar, Singapura, dan Vietnam. (put)

Daftar Pemain

Andakara Prastawa

Hardianus Lakudu

Reggie Mononimbar

Abraham Damar

Avan Seputra

Mei Joni

Kaleb Ramot

Laurentius Oei

Vincent Kosasih

Juan Laurent

Kevin yonas

Hardian Wicaksono

Foto: Abraham Buwana

Komentar