IBL

Tim nasional Indonesia akan mengikuti SEA Games 2019. Gelaran olahraga antarnegara se-Asia Tenggara itu berlangsung pada 30 November—11 Desember mendatang. Timnas pun semakin intensif berlatih belakangan ini. Mereka bahkan sempat menggelar pemusatan latihan di Serbia.

Sepulang dari sana, timnas mengerucutkan jumlah pemainnya dari 14 menjadi 12. Mereka mencoret Indra Muhammad (Pacific Caesar Surabaya) dan David Liberty Nuban (Satya Wacana Salatiga). Hal itu dikonfimasi Manajer Maulana Fareza Tamrella.

“Sekarang ada 12, tapi untuk SEA Games, final namanya baru Senin,” kata Fareza.

Meski sudah mendapat 12 nama, Fareza menuturkan bahwa susunan pemain timnas masih bisa berubah. Mereka baru akan mengumumkan roster SEA Games pada Senin, 25 November 2019. Itu artinya, ada kemungkinan pergantian nama.

Fareza juga mengungkapkan bahwa timnas tahun ini mungkin tidak akan menggunakan jasa naturalisasi. Jamarr Andre Johnson, pemain naturalisasi Indonesia, terakhir kali mengalami cedera Achilles dan tidak dipanggil timnas. Namun, belakangan direkrut oleh Louvre Surabaya.

Ebrahim Enguio Lopez alias Biboy, pemain naturalisasi asal Filipina, tidak terdengar rimbanya. Ia sudah lama hilang dari kancah bola basket Indonesia. Biboy terakhir kali membela timnas pada 2017.

Brandon Jawato, pemain keturunan Indonesia-Amerika Serikat, juga tidak bisa turun. Ia sebenarnya ingin membela timnas. Namun, terhalang status kewarganegaraan. Sama seperti Jamarr, Brandon kini membela Louvre.  

Sementara itu, Lester Prosper—yang baru-baru ini didatangkan dari Amerika Serikat—masih dalam proses naturalisasi. Senter 31 tahun itu belum mendapatkan paspor. Naturalisasinya terhambat.    

“Kalau Prosper pengurusan paspornya agak berat untuk keluar bulan ini, dan kemungkinan kami tidak memakai naturalisasi,” ujar Fareza.

Di tempat lain, dua nama yang dicoret tampil di Piala Presiden Bola Basket 2019 di Sritex Arena Solo. Indra dan David membela tim masing-masing. Kevin Yonas Sitorus, forwarda Satria Muda Pertamina Jakarta, juga tampil di sana. Namun, nama Kevin masih terdaftar di antara 12 nama terpilih untuk membela timnas.

Kevin kemungkinan baru akan kembali ke timnas setelah Satria Muda menyelesaikan turnamen. Piala Presiden Bola Basket berlangsung pada 20—24 November 2019. Sementara pemain lainnya tetap di Jakarta. Mereka mesti bersiap untuk menghadapi SEA Games.

Indonesia sendiri berada di Grup B. Mereka satu atap dengan Kamboja, Malaysia, dan Thailand. Pertandingan bola basket akan berlangsung di Mall of Asia Arena Filipina pada 4—10 Desember mendatang. (put)

(Baca juga: Evaluasi Tim Nasional Basket Putra Indonesia di Serbia)

Foto: Dok. Timnas Indonesia

Komentar