IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta menekuk Pelita Jaya Basketball Club di semifinal Piala Presiden Bola Basket 2019. Mereka menang dengan skor 62-51 di Sritex Arena, Solo, Sabtu 23 November 2019. Satria Muda mendapat sokongan dari tiga pemainnya yang mencetak dobel digit poin.

Christian Gunawan mengumpulkan 15 poin dan 8 rebound. Fadlan Minallah 14 poin dan 4 rebound. Kevin Yonas hampir dobel-dobel dengan 10 poin dan 9 rebound.

Pelita Jaya juga punya tiga pemain yang menyentuh dobel digit poin. Govinda Julian, Gabriel Risky, dan Katon Adjie sama-sama mencetak 10 poin. Namun, timnya tumbang setelah melewatkan kesempatan mencetak angka dari tembakan gratis.

Pelita Jaya setidaknya mendapat 26 tembakan gratis, tetapi hanya memasukkan 8. Untungnya, mereka mampu mendulang 24 angka dari kesalahan (turnover) Satria Muda. Hanya saja, itu tidak cukup untuk memenangkan pertandingan.

Satria Muda sendiri melakukan 21 kali turnover. Namun, dominan dalam meraih bola-bola pantul. Satria Muda mengumpulkan 54 rebound, dengan offensive rebound mencapai 14 bola. Mereka mengonversi offensive rebound itu menjadi 11 poin.    

Pertandingan berawal dengan persaingat ketat. Kedua tim melakukan 5 kali pergantian keunggulan dan 2 kali imbang. Satria Muda baru berhasil memimpin setelah mendapat momentum untuk mencetak delapan poin beruntun. Mereka menutup kuarter satu dengan skor 14-10.

Satria Muda mulai panas. Itu tampak dari permainan mereka. Produktivitas poin meningkat. Satria Muda mencetak 21 poin di kuarter dua.

Sementara itu, Pelita Jaya kedodoran di menit-menit awal. Untungnya, mereka bisa mendapatkan sentuhannya kembali. Govinda bahkan sempat melepas dua kali tripoin beruntun. Pelita Jaya mencetak 17 poin di kuarter itu. Kedudukan sementara 35-27 sampai turun minum.

Di kuarter tiga, Satria Muda berusaha menjaga jarak. Mereka mencetak 14 poin lagi. Kevin lalu menambahkan dua poin bertepatan dengan bel akhir kuarter. Para pemain Satria Muda sontak menyambutnya dengan teriakan bersemangat. Mereka memimpin 51-36.

Sampai kuarter empat, Satria Muda terus memimpin. Pelita Jaya tidak mampu mengejar. Selisih cukup jauh dengan total 11 poin. Satria Muda menang 62-51.

Itu membuat Satria Muda berhak ke final Piala Presiden Bola Basket. Mereka akan menantang Amartha Hangtuah yang sudah lebih dulu melaju ke sana. Pertandingan berlangsung besok di Sritex Arena. Perebutan peringkat tiga dan lima juga digelar di hari yang sama. (put)

Foto: Dika Kawengian

Komentar