IBL

Miami Heat melanjutkan perjalanan NBA mereka musim ini berhadapan dengan Cleveland Cavaliers, Rabu malam, 20 November 2019, waktu setempat. Bertindak sebagai tuan rumah di hadapan 19 ribu lebih penggemar yang hadir di American Airlines Arena, Miami, Florida, Amerika Serikat, Heat tampil dominan. Selalu unggul sejak tepis mula, Heat menutup gim dengan kemenangan telak 124-100.

Dominasi Heat hari ini terjadi karena tangan-tangan wangi para penembak jarak jauh mereka. Heat total memasukkan 19/37 tripoin yang setara dengan 51 persen. Akurasi apik tersebut menutupi performa yang tak terlalu bagus mereka dari tembakan gratis (74 persen) dan banyaknya kesalahan sendiri (23 turnover).

Hasil ini membawa Heat kini semakin kukuh di peringkat dua klasemen sementara Wilayah Timur dengan 10 kemenangan dan 3 kekalahan. Heat juga sedang melaju dalam tren empat kemenangan beruntun dengan hasil ini. Selain itu, di kandang sendiri, anak-anak asuh Erik Spoelstra juga masih suci alias belum tersentuh kekalahan.

Di sisi lain, kemenangan atas Cavaliers juga mencatatkan sejarah sendiri di pertemuan kedua tim. Dalam tujuh pertemuan terakhir kedua tim, Heat selalu berhasil menjadi pemenang. Selain itu, Heat juga tak sekalipun menelan kekalahan atas Cavaliers di kandang sendiri dalam 17 pertandingan terakhir.

Aktor utama kemenangan Heat kali ini adalah pemain tahun kedua yang tak terpiluh (undrafted) di NBA Draft 2018, Duncan Robinson. Bermain selama 34 menit, Duncan mencetak 29 poin dan 2 rebound dari 9/15 tembakan. Menariknya, seluruh tembakan Duncan berasal dari luar garis tripoin. Di kuarter dua, alumnus University of Michigan ini memasukkan tujuh tripoin yang merupakan rekor tripoin masuk terbanyak Heat dalam satu kuarter.

Di luar Duncan, ada lima pemain Heat lain yang mencetak dua digit angka. Jimmy Butler menyumbang 21 poin, 5 rebound, 5 asis, 2 steal dan 2 blok. Ruki, Tyler Herro yang memulai gim dari bangku cadangan menambahkan 22 poin selama 31 menit.

Bam Adebayo 13 poin dan 7 rebound sementara Goran Dragic membukukan 13 poin plus 6 asis. Senjata rahasia Heat lainnya, Kendrick Nunn, mencetak 11 poin dan 6 asis dari 5/7 tembakan, Kelly Olynyk melengkapi daftar dengan 10 poin dan 6 rebound.

Dari kubu Cavaliers, Kevin Love menjadi tumpuan dengan dobel-dobel 25 poin dan 13 rebound. Pemain tahun kedua, Collin Sexton, menyusul dengan 19 poin. Larry Nance Jr. 16 poin dan 9 rebound sementara ruki, Darius Garland menambahkan 10 poin. Jordan Clarkson menjadi sumbangsih terbesar Cavaliers dari bangku cadangan dengan 12 poin plus 4 rebound.

Bagi Cavaliers, kekalahan ini merupakan kekalahan kelima beruntun dan ke-10 secara keseluruhan dari 14 gim. Cavaliers tertahan di peringkat 13 klasemen sementara Wilayah Timur, hanya lebih baik dari Detroit Pistons dan New York Knicks.

Cavaliers akan menyeberang ke pesisir pantai barat Amerika Serikat di gim selanjutnya dengan mengunjungi markas Dallas Mavericks, lusa, waktu setempat. Di hari yang sama, Heat akan menjadi tamu di kandang Chicago Bulls. (DRMK)

 

Foto: NBA

Komentar