IBL

Honda DBL Camp 2019 akhirnya dimulai. Para pemain dan pelatih terpilih dari berbagai daerah berkumpul di Surabaya. Mereka mengikuti rangkaian latihan hari pertama di DBL Academy, Surabaya, Selasa 12 November 2019.

Para camper—sebutan peserta Honda DBL Camp—digembleng begitu sampai di Kota Pahlawan. Mereka mesti melalui empat tes pada hari pertama. Tes itu di antaranya pengukuran (measurement test), cek kesehatan (medical check up), uji ketangkasan (skill stations), dan beep test.

Muhammad Adhim, siswa SMAN 16 Surabaya, kemudian berhasil memecah rekor beep test. Ia mencetak 140 lap saat berlari di atas lantai lapangan DBL Academy. Rekor sebelumnya dipegang Faldo Payon (139) dari SMAN 1 Kupang.

“Saya sudah tahu sejak tahun lalu,” kata Adhim soal rekor beep test Faldo. “Tahun ini saya memang berniat memecah rekor itu.”

Menurut Adhim, memecah rekor beep test tidaklah mudah. Kuncinya hanya satu: motivasi. Saat berlari, ia terus menjaga motivasinya untuk memecah rekor itu.

“Saya hampir mau menyerah,” kata Adhim lagi. “Cuma terpacu karena ingan motivasi buat memecahkan rekor. Tadi sempat berpikir, ‘Duh, ini kapan selesainya.’ Ternyata selesai juga.”

Di belakang Adhim, ada pula Nathaniel Richard. Camper asal Cirebon itu mencetak 135 lap. Ia bisa saja menyamai rekor Faldo seandainya mencetak empat lap lagi.

Sementara itu, Karissa Adiela Sutanto, siswi SMA Tritunggal Semarang, berhasil menjadi pemegang rekor lompat vertikal (vertical jump) baru. Dengan tinggi 160 sentimeter, ia bisa melompat hingga 64 sentimeter dalam dua kali uji coba. Itu merupakan lompatan tertinggi yang dicapai camper putri dalam sejarah Honda DBL Camp.

Setelah ini, para camper masih harus melewati rangkaian kegiatan. Honda DBL Camp 2019 berlangsung hingga 16 November 2019. Pada hari kedua, camper akan mulai berlatih bersama pelatih dari World Basketball Academy (WBA) Australia dan DBL Academy. (put)

Klarifikasi: Karissa Adiela Sutanto tidak lagi memegang rekor lompat vertikal tertinggi dalam sejarah camper putri Honda DBL Camp. Sebab, Niluh Putri Arthaliarsa memecahkan rekornya dengan tinggi lompatan mencapai 68 sentimeter pada hari yang sama.

Foto: Dika Kawengian/DBL Indonesia

Komentar