IBL

Kenneth Faried menjadi peman bebas pada musim panas 2019 lalu. Namun, tiada satu klub pun yang merekrutnya. Faried lantas memutuskan untuk menerima pinangan Zhejiang Lions. Ia akan terbang ke Cina.

Senter-fowarda berjuluk Manimal itu mendapat kontrak satu tahun. Nilainya bisa mencapai AS$4 juta. Sebelum ini, Faried sempat mendapat tawaran AS$2 juta. Ia menolaknya. Kontrak minimum NBA saja mencapai AS$2,3 juta.

Faried sempat bermain bersama Houston Rockets pada 2018-2019. Ia tampil di tengah musim dan bermain sebanyak 25 kali di musim reguler. Faried mencetak 12,9 poin dan 8,2 rebound. Persentase tembakannya (FG%) menyentuh 58,7 persen. Efektivitas tembakan (eFG%) 60,3 persen. True shooting percentage (TS%) 62,2 persen.

Meski mengakhiri 2018-2019 sebagai pemain Rockets, Faried sebenarnya memulai musim bersama Brooklyn Nets. Hanya saja, klub itu melepasnya. Padahal mereka baru mendapatkan Faried melalui pertukaran dengan Denver Nuggets pada pertengahan tahun lalu.

Pemain kelahiran Newawr, New Jersey, 19 November 1989 itu sendiri mengawali karier bersama Nuggets. Ia muncul pertama kali pada 2011. Faried sempat menarik perhatian. Namun, namanya tenggelam perlahan-lahan.

Saat membela Rockets, Faried mendapatkan perhatian kembali. Sayangnya, Rockets tidak berhasil menembus final seperti yang diidam-idamkan. Kontrak Faried pun telanjur habis. Rockets tidak memperpanjangnya.

Faried lantas dikabarkan meneken kontrak bersama Zhejiang Lions. Ia akan bermain di Cina. Faried merupakan salah satu dari sekian banyak pemain NBA yang memutuskan berkarier di Negeri Tirai Bambu. (put)

Foto: NBA

Komentar