IBL

Kobe Bryant lahir 23 Agustus 1978 dan meninggal pada 26 Januari 2020. Sedangkan Bruce Lee lahir 27 November 1940, dan meninggal 20 Juli 1973. Keduanya tidak pernah bertemu untuk sekadar ngopi bersama. Tapi Kobe Bryant punya alasan kuat untuk menghormati mendiang Bruce Lee. Hingga membuat sneaker yang identik dengan master Jeet Kune Do tersebut.

Mendiang Kobe Bryant memang punya ikatan khusus dengan Cina. Beberapa kali terlihat muncul datang ke negara tersebut sebagai duta Nike. Lalu sebelum kematiannya, dia bersedia menjadi duta FIBA World Cup (Piala Dunia Basket) 2019, yang kebetulan berlangsung di Cina. Kobe beberapa kali mendapatkan tawaran jadi duta, tapi baru bersedia karena Cina tuan rumahnya.

Kunjungan Kobe Bryant ke Cina pada tahun 2017. (Sumber: AFP)

Andrew McNicol dari South China Morning Post dalam tulisannya menceritakan bagaimana Kobe Bryant punya ikatan kuat dengan Cina, khususnya karena kekagumannya terhadap sosok Bruce Lee. Master bela diri Kung Fu yang akhirnya membuat aliran sendiri bernama Jeet Kune Do.

“You put water into a cup, it becomes the cup. You put water in to a bottle, it becomes the bottle. Be formless, shapeless like water. Be water, my friend.”

Petikan petuah Bruce Lee tersebut menjadi kalimat yang disukai Kobe Bryant. Sehingga Kobe sendiri menyebut bahwa "Mamba Mentality" lahir karena inspirasi dari Bruce Lee.

"Satu hal, di antara banyak hal, yang telah saya pelajari dari filosofi Bruce Lee tentang Jeet Kune Do adalah mampu beradaptasi," kata Kobe. "Bila di basket, ini adalah penguasaan teknik dasar, sehingga seorang pemain bisa bereaksi terhadap situasi apapun."

Kobe mendaku dirinya membaca semua yang pernah ditulis Bruce Lee, menonton semua filmnya, serta menonton semua wawancara yang pernah dilakukan Bruce Lee. Ini lebih dari sekadar kagum. Kobe terlihat seperti penggemar berat. Bisa dibayangkan, bagaimana seandainya keduanya bisa bertemu dalam satu masa.

"Dia orang besar yang mau membagi ilmu dan inspirasi. Tujuannya bukan untuk bertarung melalu seni beladiri, melainkan belajar bagaiman menjadi lebih baik," kata Kobe.

Sneaker Nike Kobe Zoom V Bruce Lee, jadi sneaker pertama Kobe untuk menghormati Bruce Lee. (Foto: sneakernews)

Bermodal kekaguman tersebut, Kobe berupaya menghormati mendiang Bruce Lee dengan caranya sendiri, yaitu meminta secara khusus ke Nike membuatkan siluet Kobe edisi Bruce Lee. Itu terjadi pada tahun 2010. "The Black Mamba" memutuskan untuk mendesain ulang Nike Kobe Zoom V dengan motif Bruce Lee. Kobe mengubah warna menjadi kuning, dengan kombinasi hitam. Warna yang identik dengan jumpsiut milik Bruce Lee dalam film "Game of Death" (1978). Kobe juga menambahkan empat garis merah di sisi, menyerupai bekas luka cakaran di dada Bruce Lee saat muncul di film "Enter the Dragon (1973). Inilah cerita lahirnya Nike Zoom Kobe V Bruce Lee.

Salah satu adegan perkelahian Bruce Lee dalam film Game of Death. (Sumber: cdn)

"Rasanya sangat penting untuk melakukan penghormatan pada Bruce Lee. Ini yang bisa saya lakukan," ungkapnya.

Tetapi justru siluet terbaru ini menimbulkan cibiran pada awal kemunculannya. Khususnya para penggiat bisnis sneaker. Mereka melihat dari sisi yang berbeda. Kolaborasi Kobe dan Bruce Lee dinilai sebagai salah satu alat untuk menguasai pasar sneaker Cina. Nike berharap uang yang lebih besar bisa dikeruk dari negara tersebut, dengan memanfaatkan dua sosok legenda tersebut.

Namun Kobe membuktikan bahwa cibiran tersebut salah. Dirinya memang sangat mengagumi sosok Bruce Lee. Buktinya, sejak rilisan pertama, hingga tahun 2020, Kobe selalu memunculkan varian Bruce Lee. Selain itu Kobe berkunjung ke Cina bukan untuk mempromosikan sneaker saja. Kobe ingin membuat basket di Cina lebih baik lagi. Soal sneaker ini, hingga Kobe menghembuskan nafas terakhir, Nike tetap menerbitkan Kobe x Bruce Lee.

Mendiang Kobe Bryant dan Kyrie Irving tampak akrab setelah menyaksikan pertandingan Brooklyn Nets. (Foto: NetsDaily)

Tampaknya warisan Bruce Lee tidak akan berhenti, walaupun Kobe sudah meninggal. Sebab, kini Kyrie Irving juga memiliki pilihan varian tersebut. Kyrie 3 Mamba Mentality yang diluncurkan tahun 2017 terinspirasi dari kolaborasi Kobe dan Bruce Lee.

"Kyrie memanggilku dan berkata, apakah kamu keberatan jika aku mencontoh desainmu dan menghormati kolaborasimu dengan Bruce Lee. Dan, saya jawab mari terus lakukan ini," kata Kobe Bryant.

Kini Kobe Bryant bisa tersenyum lega, karena warisan yang dibuatnya ada yang meneruskan. Kobe tentu akan senang melihat semangat Bruce Lee tetap menyala di NBA melalui Kyrie Irving.

Untuk tahun 2020, ada beberapa sneaker Kobe dan Kyrie yang berkolaborasi dengan Bruce Lee. Ada Nike Kobe 5 Protro "Bruce Lee", Nike Kobe 5 Protro "Bruce Lee" Alternate, Nike Mamba Fury "Bruce Lee", Nike Kyrie 6 "Bruce Lee", dan Nike Kyrie 6 "Bruce Lee" Alternate Black. (*)

Nike Kobe 5 Protro "Bruce Lee" 2020. (Sumber: sneakernews)

Nike Kobe 5 Protro "Bruce Lee" Alternate 2020. (Sumber: sneakernews)

Nike Mamba Fury "Bruce Lee" 2020. (Sumber: sneakernews)

Nike Kyrie 6 "Bruce Lee" 2020. (Sumber: sneakernews)

Nike Kyrie 6 "Bruce Lee" Alternate Black 2020. (Sumber: sneakernews)

Foto sampul: kicksologists

Komentar