IBL

Setiap tim yang menjuarai NBA akan mendapatkan sebuah cincin. Perhiasan mewah nan prestisius ini akan diberikan bagi mereka yang berkontribusi dalam proses tercapainya juara: ofisial, pemain, tim pelatih, dan lainnya. Itulah yang didapat Toronto Raptors sebagai juara NBA musim 2018-2019.

Firma pengrajin perhiasan bernama Baron Championship Rings yang bertanggung jawab terhadap segala proses penggarapan. Mereka adalah jasa ternama di Kanada dalam menangani permintaan pembuatan perhiasan khusus. Proses perumusan desain dikerjakan bersama Maple Leaf Sports and Entertainment (MLSE) selaku manajemen dan Kyle Lowry yang mewakili para pemain.

“Cincin juara pertama Toronto Raptors jadi bagian penting dari penantian 24 tahun kami sebagai partisipan NBA. Hadiah ini mewakili pihak-pihak yang turut andil di segala proses yang dijalani mulai pelatih, pemain, ofisial, dan lainnya,” kata Larry Tanenbaum mewakili MLSE untuk NBA Media. Perhiasan penuh cerita ini menurutnya akan disimpan sebagai bagian dari sejarah dan pencapaian tim yang membanggakan.

Ada beberapa rekor yang terpecahkan dari cincin ini. Yang pertama adalah diameter. Ukurannya sejauh ini adalah yang terbesar dari puluhan edisi cincin juara NBA yang pernah dibuat. Terdapat 74 buah berlian murni tersemat di muka merepresentasikan jumlah kemenangan Fred Vanvleet dkk sepanjang musim dan babak playoff. Itu belum menjumlahkan seluruh berlian yang ada di sekujur bagian.

“Cincin kami harus menarik perhatian. Harus berkilauan! Setiap bagiannya harus mewakili Kanada, Toronto, dan para pemain. Kurang lebih itu yang dikatakan (Kyle) Lowry kepada kami,” kata Peter Kanis sebagai perwakilan Baron Championship Rings saat mempresentasikan karya perusahaannya kepada stasiun televisi CBC.

Unsur berkilauan hampir berada di setiap sudut untuk menampilkan unsur mewah. Sebuah berlian bernilai 1,25 karat berukuran lebih besar dari yang lain berada di ujung piala Larry O’Brien sebagai pelengkap. Piala tersebut dilewati dengan slogan “NORTH” terinspirasi dari tulisan di dada seragam. Melingkar 16 buah batu rubi merah yang mewakili warna nasional Kanada. Sisi kanan tersemat nama-nama pemain beserta nomor punggung. Sisi sebaliknya menampilkan logo tim, NBA, dan tulisan “World Champions”.

Total ada 640 buah berlian di sekujur bagian. Jumlah ini adalah yang terbanyak dari semua cincin juara yang pernah diberikan untuk sebuah tim olahraga. Takaran kemurnian atau Total Carat Weight (TCW) juga yang tertinggi, yaitu berada di angka 14. Seluruh logam mulia yang dipakai berasal dari Kanada untuk mempromosikan kekayaan alam Negara di utara Amerika Serikat itu.

Para penggemar juga bisa memesan replica cincin ini secara daring di situs yang sudah ditentukan. Mereka juga bisa memodifikasinya sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini merupakan bentuk apresiasi terhadap para penggemar yang sudah setia mendukung Raptors.

Foto: Baron Championship Ring

Komentar