IBL

Gelar juara musim lalu adalah kado terbaik bagi Toronto Raptors yang tahun 2020 berulang tahun ke 25. Waralaba tim NBA satu-satunya dari Kanada itu punya sesuatu yang spesial untuk memperingatinya. Mereka merilis seragam tanding dengan desain sama seperti apa yang dipakai pemain di musim pertama Raptors di NBA tahun 1995.

Mereka resmi memakainya kala mengandaskan Orlando Magic hari ini. Tepatnya pada pertandingan keempat. Seragam tersebut sama seperti kala Kyle Lowry berparade keliling Toronto membawa piala Larry O’Brien April lalu. Video pengenalannya diunggah melalui akun Twitter Raptors pada 25 Oktober 2019.

Seragam yang dinamai “Dino Jersey” ini dulu dipakai Raptors mengarungi musim 1995-1998. Kepopulerannya seiring dengan para penggemar NBA yang menyaksikan pebasket legendaris Raptors memakainya. Mereka adalah Vince Carter, Tracy McGrady, dan Damon Stoudamire. Lowry bahkan memakai seragam milik Stoudamire dalam parade kemenangan sebagai bentuk penghargaan untuk pemain berjuluk “Mighty Mouse” itu.

Seragam Dino tercatat sebagai seragam resmi keempat mereka musim ini. Tiga jenis seragam tanding lain sejatinya sudah biasa kita simak musim lalu. Yaitu Association (putih-merah), Icon (merah-putih), Statement (hitam-putih). Raptors akan memakai seragam klasiknya untuk pertandingan kandang terpilih musim ini.

Suasana 1995 semakin terasa hingga di rumah mereka. Lapangan di Scotiabank Arena disulap dengan warna putih, biru, dan hitam yang terinspirasi warna yang dipakai Raptors kala masih berkandang di SkyDome. Mereka memakai gedung olahraga yang juga bernama Rogers Center itu dari 1995-1999. Rumah mereka kemudian pindah ke Air Canada Center atau yang kini lebih dikenal sebagai Scotiabank Arena akibat berpindah kepemilikan.

Lapangan tersebut juga menampilkan logo klasik Raptors berupa kartun dinosaurus berjenis Velociraptor sedang menlantun bola basket. Ikon ini dibuat oleh Tom O’Grady selaku Direktur Kreatif NBA pada 1993. Ia berkoordinasi dengan John Bitove Jr. selaku mantan pemilik Raptors untuk merumuskannya.

Seragam tanding klasik ini juga akan dijual di bawah lisensi Nike selaku sponsor resmi NBA untuk baju. Bagi para penggemar Raptors, ini akan jadi buruan panas. Penggemar trio Carter, McGrady, dan Stoudamire juga layak mendapatkannya. Namun, siapkan dana yang cukup besar karena kabarnya seragam ini dijual dengan harga yang sepadan dengan histori yang disajikan. (ajb)

Foto: NBA via Chris Young/Canadian Press, Bernard Weil/Toronto Star/Getty Images, Frank Gunn/Canadian Press

Komentar