IBL

Manajer Umum Houston Rockets Daryl Morey mengeluarkan cuitan kontroversial. Ia mengunggah dukungannya terhadap demonstrasi di Hong Kong pada Jumat, 4 Oktober 2019 lalu. Cuitan itu membuat penggemar NBA di Cina marah.

Morey sebenarnya sudah menghapus cuitan itu. Namun, ia tidak bisa menghindari dampak dari cuitannya sendiri. Sebagian penggemar NBA di Cina yang tidak sejalan dengan demonstrasi kadung marah karena perbuatannya.

Selain para penggemar, sponsor dan mitra komersial juga ikut bereaksi. Mereka mengancam akan menarik kerja samanya dengan NBA dan Rockets. Siaran televisi Cina bahkan mengatakan, mereka tidak akan menyiarkan pertandingan tim asal Houston itu. Padahal NBA mendapat sebagian besar penonton dari sana.

NBA lantas menyayangkan cuitan Morey. Juru bicara NBA Mike Bass mengeluarkan pernyataan resmi mewakili liga. Ia menjelaskan, cuitan Morey tidak merepresentasikan NBA.

Setelah semua yang terjadi, Morey angkat bicara. Ia mengatakan, cuitannya memang tidak mewakili siapa pun, kecuali dirinya sendiri. Ia menegaskan, dirinya menghargai dukungan penggemar dan sponsor di Cina. Morey berharap mereka tahu bahwa cuitan itu dilayangkan bukan untuk membuat orang-orang marah.

Saat ini, Rockets belum mengambil langkah apa pun terhadap Morey. Apalagi mengingat kinerja hebat Sang Manajer belakangan ini. Namun, pemilik klub Tilman Fertitta sudah bicara kepada publik. Ia ikut menegaskan, cuitan Morey tidak mewakili klub. James Harden, salah satu pemain Rockets, bahkan meminta maaf kepada para penggemarnya di Cina. (put)

Foto: NBA

Komentar