IBL

Pemusatan latihan (training camp) dan pramusim di NBA kerap digunakan menjadi sarana pematangan strategi dan penentuan pemain utama (starter) untuk menghadapi musim baru. Tak hanya untuk pemain utama, slot-slot tersisa di bangku cadangan juga akan diperebutkan di sini. Oleh karena itu, pemusatan latihan akan menjadi salah satu titik penting dalam perjalanan sebuah tim NBA dalam satu musim.

Kepala Pelatih Denver Nuggets, Michael Malone, paham betul atas hal ini. Pemusatan latihan ia gunakan untuk mencari yang terbaik dari yang terbaik untuk mengisi barisan starter Nuggets. Dalam wawancara dengan Forbes beberapa waktu lalu, Michael secara tidak langsung mengutarakan bahwa ia sudah punya gambaran empat dari lima pemain starternya. Hanya satu slot yang belum dipastikan oleh satupun pemain Nuggets dan posisi itu adalah small forward.

“Selama pemusatan latihan ini, semuanya akan menjadi kompetisi terbuka untuk pemain yang ingin mengisisi posisi small forward,” buka Michael. Ia lantas menambahkan bahwa posisi ini akan ia berikan pada pemain yang memang layak untuk mendapatkannya.

Sejauh ini, ada empat pemain yang secara posisi dan permainan cocok memainkan peran ini. Mereka adalah Will Barton, Torrey Craig, Michael Porter Jr., dan Juancho Hernangomez. Dua nama yang disebut pertama adalah dua pemain yang bergantian mengisi posisi ini musim lalu. Jika ingin lebih menyerang, Michael akan memilih Barton. Sebaliknya saat bertahan, ia akan lebih memilih Craig.

Juancho yang baru saja menjadi juara Piala Dunia FIBA 2019 bersama Spanyol seringnya dimainkan saat tim ini ingin tampil dengan skuat tinggi. Sepanjang musim, Juancho lebih sering turun sebagai pelapis Paul Millsap. Sementara MPJ (akronim Michael Porter Jr.) baru akan memainkan musim pertamanya. Ia absen satu musim penuh akibat cedera. Secara paket ketangkasan, MPJ cukup tangkas, kuat, dan cepat. Tripoin masih menjadi salah satu titik yang perlu ia tingkatkan demi mendapat slot di barisan utama. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar