IBL

Hari-hari berlalu sejak Amerika Serikat jatuh di Piala Dunia. Mereka bukan hanya gagal mempertahankan gelar, tetapi juga terdampar di peringkat tujuh. Sesuatu yang tidak mereka bayangkan sebelumnya.

Kejatuhan Amerika Serikat menyusul fenomena undur diri pada Agustus 2019 lalu. Para bintang bola basket NBA berbondong-bondong mundur dari kamp latihan. Mereka pada umumnya memilih untuk mempersiapkan diri untuk musim baru 2019-2020. Piala Dunia tidak ada dalam daftar rencana.

Kendati begitu, Manajer Jerry Colangelo punya alasan lain. Ia menyalahkan masalah kesehatan tim nasional Amerika Serikat dalam kejatuhan mereka. Beberapa pemain cedera.

“Saya percaya seandainya kami tidak cedera, kami akan menang,” kata Colangelo seperti dikutip Chris Mannix, Sports Illustrated. “Cedera itu terlalu banyak.”

Colangelo tentu saja tidak salah soal cedera. Kyle Lowry terpaksa meninggalkan tim karena cedera ibu jari tangannya belum sembuh. Marcus Smart tidak sehat 100 persen sejak kamp latihan karena cedera betis.

Kyle Kuzma juga harus meninggalkan tim setelah mengalami cedera engkel saat ekshibisi di Australia. Sementara Jayson Tatum tidak bisa tampil di babak penyisihan kedua akibat cedera engkel. Dua pemain muda itu pernah menjadi tumpuan harapan Amerika Serikat. Namun, ternyata mereka tidak bisa tampil sesuai harapan.

Setelah kehilangan pemain-pemain di atas, Amerika Serikat sebenarnya masih punya beberapa bintang. Kemba Walker, misalnya, sehat sepanjang kejuaraan. Donovan Mitchell, garda muda yang sedang naik daun, juga bisa tampil. Brook Lopez dan Khris Middleton yang tampil gemilang bersama Milwaukee Bucks musim lalu juga begitu.

Amerika Serikat juga pelatih sekelas Gregg Popovich. Pop—sapaan akrabnya—terkenal piawai membangkitkan potensi pemain-pemainnya. Belum lagi asisten-asisten pelatih, termasuk Steve Kerr yang membawa Golden State Warriors ke final selama lima musim beruntun, ikut mengisi skuat. Di atas kertas, mereka memiliki talenta NBA yang luar biasa. Hanya saja, nasib mereka tidak seberuntung itu.

Untungnya, dengan hanya peringkat tujuh, Amerika Serikat berhasil mengamankan tempat di Olimpiade 2020. Mereka akan kembali di kejuaraan tingkat internasional tahun depan. Amerika Serikat akan memperbaiki namanya di sana. (put)

Foto: USA Basketball

Komentar