IBL

Amerika Serikat mempertahankan posisinya di puncak klasemen Grup E. Mereka berhasil melakukan itu setelah susah payah mengalahkan Turki di babak penyisihan pertama Piala Dunia 2019. Amerika Serikat menang tipis 93-92 lewat babak tambahan di Shanghai Oriental Sports Centre, Shanghai, Cina, Selasa 3 September 2019.

Khris Middleton mencetak poin terbanyak. Ia mengumpulkan 15 poin untuk Amerika Serikat. Kemba Walker di belakangnya dengan 14 poin. Joe Harris, Jayson Tatum, dan Myles Turner masing-masing 11 poin. Harrison Barnes 10 poin saja.

Turki melawan lewat Ersan Ilyasova. Ia mencetak dobel-dobel 23 poin dan 14 rebound. Melih Mahmutoglu 18 poin. Furkan Korkmaz 16 poin. Cedi Osman 15 poin. Sayangnya, perlawanan mereka kandas di babak tambahan.  

Amerika Serikat membuka pertandingan dengan keunggulan. Mereka memimpin 26-21 di kuarter satu. Namun, Turki tidak begitu saja menyerah. Mereka bahkan mampu mengimbangi Negeri Paman Sam di kuarter selanjutnya. Perolehan poin sama (21-21) di kuarter dua.

Kendati begitu, Amerika Serikat masih unggul total poin. Selisihnya mencapai lima (47-42). Turner, sang senter, menjadi pendulang angka terbanyak Amerika Serikat. Ia telah mengumpulkan 11 poin plus 7 rebound. Sementara Turki bertumpu pada Ilyasova. Sang forwarda mencetak 15 poin.

Di kuarter tiga, Turki kembali berhasil mengimbangi Amerika Serikat. Mereka imbang 10-10 hingga waktu tersisa tiga menit. Turki lalu mencetak sembilan poin lagi dan unggul 19-18 di kuarter itu. Namun, Amerika Serikat rupanya tetap sulit digulingkan. Mereka masih di atas angin dengan skor 65-61.

Turki akhirnya menyamai skor pada menit 5:34 kuarter empat. Mereka imbang 71-71. Turki terus menekan sementara Amerika Serikat kesulitan. Turner yang mampu mencetak dobel digit di paruh pertama saja tidak mencetak poin lagi di paruh kedua.

Turki sebenarnya hampir saja menang. Mereka unggul 81-79. Namun, Tatum berhasil mendapat tembakan gratis tiga kali di pengujung kuarter empat. Ia memasukkan dua di antaranya sehingga kedudukan sama (81-81). Pertandingan terpaksa lanjut ke babak tambahan.

Kedua tim bertarung sengit di babak tambahan. Turki hampir menang setelah unggul 92-91. Namun, Amerika Serikat lagi-lagi mendapat tembakan gratis di sisa 0:02. Middleton mencetak dua poin pembalik keadaan. Sementara Turki gagal memanfaatkan tembakan gratis yang seharusnya membuat mereka menang. Amerika Serikat menutup pertandingan dengan unggul 93-92.

Kini Amerika Serikat berada di puncak klasemen Grup E. Mereka telah mendapatkan dua kemenangan. Amerika Serikat akan kembali tampil di babak penyisihan pertama. Lawan terakhir mereka adalah Jepang. (put)

Foto: FIBA

Komentar