IBL

Andre Drummond mengatakan bahwa dirinya akan menolak opsi pemain. Ia ingin menjadi pemain bebas pada 2020 mendatang. Namun, Drummond belum tentu meninggalkan Detroit Pistons. Ia mengklarifikasi ucapannya tentang free agency (pasar pemain bebas) lewat Instagram Story.

Klarifikasi itu datang setelah penggemar Pistons bereaksi pada ucapan Drummond. Mereka takut kehilangan sang pemain setelah mengatakan dirinya hendak menjadi pemain bebas musim depan. Namun, Drummond memastikan bahwa rasa cintanya kepada Detroit dan Pistons tetap sama.

“Untuk mereka yang bingung dengan komentar saya tentang free agency, biarkan saya menjelaskan ini,” kata Drummond lewat media sosialnya. “Pada intinya, saya bersemangat dengan proses (free agency) karena saya tidak pernah melalui itu, bukan berarti saya mencoba untuk meninggalkan Detroit. Saya suka di sini.”

Drummond memang belum pernah merasakan free agency. Sejak 2012 silam, ia selalu bersama Pistons. Kontraknya diperpanjang pada 2015 sehingga ia masih di bawah kontrak tim asal Detroit itu setidaknya sampai musim depan.

Seandainya Drummond menggunakan opsi pemainnya, kontrak itu bahkan bisa lebih panjang satu tahun. Ia bisa bermain bersama Pistons sampai 2021. Namun, itu belum tentu terjadi. Sebab, Drummond mengatakan akan menolak opsi pemainnya.

Dengan menolak opsi pemain, Drummond akan menjadi pemain bebas. Klub apa pun bisa menegosiasi kontrak dengannya nanti. Pistons juga punya kesempatan yang sama. Seandainya Drummond mendapatkan kontrak yang sesuai dengan Pistons, ia bisa saja kembali.

Oleh karena itu, seperti yang Drummond bilang, ia tidak hendak meninggalkan Pistons. Free agency hanya salah satu opsi untuknya mendapatkan kontrak yang sesuai. Drummond hanya tertarik untuk melewati proses sebagai pemain bebas musim depan. Itu merupakan pengalaman free agency pertama sepanjang kariernya. (put)

Foto: NBA

Komentar