IBL

Andre Drummond boleh saja berada di bawah radar di NBA. Namun, namanya tetap akan muncul sebagai salah satu senter terbaik Detroit Pistons. Drummond membuktikan itu saat timnya menghadapi Brooklyn Nets di Little Caesars Arena, Detroit, Michigan, Amerika Serikat, Jumat 2 November 2019 waktu setempat.

Senter andalan Pistons itu mengantarkan timnya menang 113-109. Ia mencetak 25 poin, 20 rebound, 6 asis, dan 5 blok. Dengan perolehan itu, Drummond lantas menjadi pemain Pistons pertama dengan rekor setidaknya 20 poin, 20 rebound, 5 asis, dan 5 blok sejak Bill Laimbeer pada 1988.

Laimbeer merupakan sosok penting Pistons era Bad Boys. Ia mengambil bagian saat tim asal Detroit itu menjadi juara dua kali pada akhir 1980-an. Permainan Laimbeer yang sarat badani itu membuatnya dominan.

Pada zaman modern, Drummond mewarisi hal yang sama seperti Laimbeer. Pistons mengandalkannya sebagai senter yang sering tampil di bawah ring. Dengan kekuatan fisiknya, Drummond menguasai wilayahnya sendiri.

Per 2 November, senter berusia 26 tahun itu sudah tampil dalam tujuh pertandingan NBA 2019-2020. Ia mencetak rata-rata 22,1 poin, 18,7 rebound, 2,4 asis, 1,7 steal, dan 2,6 blok. Persentase tembakannya (FG%) 61 persen. Efektivitas tembakannya (eFG%) mencapai 61 persen juga. Sementara true shooting percentage (TS%) 62,8 persen.

Dengan statistik seperti itu, Drummond menjadi unggulan tim dalam setidaknya empat kategori: poin, rebound, steal, dan blok. Pistons benar-benar bisa bertumpu padanya. Drummond tampil meyakinkan sejak kemunculan perdananya pada 2012, dan semakin mengesankan sampai tahun ini.

Seandainya perjalanan berjalan lancar, Drummond bisa saja membuat Pistons kembali ke playoff seperti tahun lalu. Namun, ia perlu memastikan timnya dulu pada musim reguler ini. Pistons baru mengantungi 3 kemenangan dari 7 pertandingan. Itu artinya, jumlah kekalahan mereka masih lebih banyak.

Meski begitu, Drummond tidak perlu khawatir. Pistons punya sisa 75 pertandingan reguler. Ia bisa membantu memenangkan lebih banyak pertandingan nanti.

Selanjutnya, Drummond dkk. akan menghadapi Washington Wizards. Pertandingan berlangsung lusa di Capital One Center. Pistons akan menjadi tamu. Namun, mereka tidak akan segan merebut kemenangan. Drummond juga akan membuktikan dirinya lagi. (put)

Foto: NBA

Komentar