IBL

Nama besar James Harden sebagai salah satu pebasket terbaik di dunia tak perlu diragukan lagi. Keberhasilannya di tingkat klub hingga nasional dan pencapaian pribadi seperti gelar MVP 2018 serta sederet prestasi individu lainnya menunjukkan betapa kuatnya ia di lapangan. Tak sampai di sana, gerakan step back yang sering ia lakukan kini juga semakin lekat sebagai salah satu gerakan khusus (signature move) terpopuler di era sekarang.

Deretan catatan apik tersebut tampaknya belum cukup memuaskan James sebagai seorang manysia. Terbaru, dilansir oleh USA Today, James juga turun dalam dunia sosial. Ia menyumbangkan AS$240 ribu kepada kota Houston untuk perbaikan lapangan basket terbuka di area-area yang terkena Badai Harvey 2017 lalu. Tak sampai di situ, berdampingan dengan Wali Kota Houston, Sylvester Turner, James juga menyumbangkan 100 sepeda untuk anak-anak di area yang sama.

“Setiap hari saya bangun dari tidur, saya selalu berpikir tentang menjadi sosok yang lebih baik lagi. Di lapangan, saya selalu berpikir demikian. Namun di sisi lain, saya juga berpikir bagaimana cara terbaik untuk memberi dampak bagi dunia. Ternyata, saya juga ingin menjadi lebih baik di luar lapangan, salah satunya di lingkungan tempat saya tinggal,” ujar James.

“Di era sekarang, banyak hal terhubung dengan media sosial dan anak-anak kecil sekarang tidak banyak bermain di luar rumah mereka. Mereka berkutat dengan telepon genggam mereka dan bermain video game. Menurut saya, hal itu tak bisa terus berlanjut. Mereka juga harus bergerak aktif sebagaimana anak kecil. Lapangan ini hanya langkah awal saya. Tujuan utama saya adalah untuk merubah Houston dan membuatnya semakin baik,” lanjutnya.

Apa yang dilakukan oleh James ini diapresiasi cukup tinggi oleh Sylvester. Menurutnya, James telah membuktikan bahwa dirinya tak hanya seorang atlet, melainkan sosok yang penting di Houston sendiri. “Ini bukanlah sumbangan satu kali putus oleh James. Sebelumnya ia juga menyumbang AS$1 juta say badai baru menyerang. Ia cinta kota ini, cinta orang-orang di sini dan begitu pula sebaiknya. Saya tidak bilang apa-apa tentang sumbangan ini ke dia, James datang ke saya dengan ide ini.”

Hal yang dilakukan oleh James memang bukanlah hal baru di NBA. Sudah banyak deretan atlet yang memberi sumbangsih serupa kepada sesamanya. Namun, melihat perjalanan James dan Houston di mana ia memulai semua dominasi yang ia punya sekarang, rasanya koneksi ini benar-benar istimewa. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar