IBL

Australia menorehkan sejarah dalam laga kedua uji coba dengan Amerika Serikat dalam rangka Piala Dunia 2019 Cina. Masih bertempat di Marvel Stadium, Melbourne, Australia, gim berlangsung sengit sejak awal. Amerika Serikat memang menutup paruh pertama dengan keunggulan. Namun, penampilan kompak Australia di paruh kedua membalikkan keadaan. Ditambah penampilan panas Patty Mills, Australia menutup gim dengan kemenangan 98-94.

Ini adalah kemenangan pertama Australia atas Amerika Serikat di semua jenis pertandingan sepanjang sejarah. Sebanyak 52 ribu penonton yang memadati Marvel Stadium pun tampak sangat antusias melihat fakta ini. Begitu pula Mills yang total mengemas 30 poin di gim ini.

“Saya sangat bangga bisa bermain dengan seragam ini dan berhasil menampilkan yang terbaik. Lebih baik lagi, kami melakukannya sebagai tim di hadapan para pendukung yang luar biasa ini,” ujar Mills kepada media.

Selain Mills, juara NBA lainnya, Andrew Bogut juga tampil gemilang. Senter yang musim lalu membela Golden State Warriors ini mengemas 16 poin dan 9 rebound. Forwarda Utah Jazz, Joe Ingles, menyusul dengan 15 poin dan 7 asis.

Dari kubu Amerika Serikat, Kemba Walker memimpin daftar top skor dengan 22 poin diikuti oleh Harrison Barnes dengan 20 poin. Rekan Ingles di Jazz, Donovan Mitchell dan pemain San Antonio Spurs, Derrick White harus meninggalkan lapangan lebih cepat. Mitchell terkena fouled out sementara White mengalami benturan.

“Mereka (Australia) tim yang bagus, kami tahu itu sejak awal. Mereka juga melakukan banyak perubahan dari pertandingan pertama dua hari lalu. Mereka tampil lebih solid dan ini kemenangan yang layak untuk mereka,” ujar Walker usai gim.

Bagi kami, kami ini adalah pelajaran yang berharga. Kami bisa dibilang tim yang masih sangat baru, ini akan membuat kami belajar banyak hal. Setelahnya, kami juga akan menonton banyak video tentang gim ini dan terus memperbaiki kesalahan-kesalahan kami,” tutupnya.

Selain menjadi kekalahan pertama bagi Amerika Serikat atas Australia, kekalahan ini juga merusak catatan apik mereka. Ini adalah kekalahan pertama Amerika Serikat di laga turnamen besar dan uji coba dalam 13 tahun terakhir. Kekalahan terakhir mereka terjadi di semifinal Piala Dunia 2006 atas Yunani. Total Amerika Serikat memenagi 78 gim setelahnya yang menjadi rekor kemenangan beruntun terbanyak sepanjang sejarah mereka. Setelah ini, Amerika Serikat masih punya satu laga uji coba lagi melawan Kanada, lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar