IBL

Hanya beberapa jam setelah tim nasional (timnas) Prancis mengumumkan skuad awal mereka untuk Olimpiade 2024, timnas Australia juga melakukan hal serupa. Bedanya, Australia melakukan revisi atas daftar yang sudah mereka keluarkan sekitar sebulan lalu. Jika di pengumuman pertama Australia memberikan 22 nama dalam daftar, kini mereka memangkasnya menjadi 17 nama. Tidak ada nama baru dalam daftar kedua ini, hanya pengurangan lima nama saja. 

"Standar kualitas Olimpiade kali ini akan menjadi yang tertinggi dalam sepanjang masa dan kami akan sangat bersemangat dengan skuad yang kami bentuk sekarang," buka Brian Goorjian, Kepala Pelatih Australia. "Ini adalah grup yang istimewa dan waktu yang tepat untuk basket Australia. Kami akan bekerja sama dan membagikan energi dengan baik," imbuhnya.

Seluruh nama pemain Australia yang berlaga di NBA masuk dalam daftar. Tiga pemain muda yang timnya sedang berhadapan di Semifinal Wilayah Barat menjadi sorotan yakni Josh Giddey untuk Oklahoma City Thunder dan Dante Exum serta Josh Green bagi Dallas Mavericks. 

Barisan yang memimpin Australia meraih medali perunggu di Olimpiade 2020 Tokyo, medali basket pertama Australia di Olimpiade juga hadir. Patty Mills, Joe Ingles, Matthew Dellavedova, Jock Landale, Nick Kay, dan Chris Goulding adalah nama-nama tersebut. 

"Australia menghasilkan pemain-pemain yang berada di level yang berbeda dari sebelumnya. Kami punya pemain-pemain yang bersaing melawan pemain terbaik di dunia di NBA dan NBL Australia juga terus berkembang sebagai salah satu liga terbaik di dunia. Kami tidak akan coba membuat rumit. Kami punya pemain dengan keunikan dan keunggulan masing-masing, kami akan memaksimalkan mereka," tutupnya. 

Pemusatan latihan akan dimulai akhir Juni. Australia kemudian berhadapan dengan Cina pada 2-5 Juli di Ford Ballin'24 Series di Melbourne. Setelahnya, tim yang akrab disebut Bomers ini akan terbang ke Abu Dhabi untuk mengikuti USA Basketball Showcase melawan Amerika Serikat di 15 Juli dan Serbia sehari setelahnya. 

Australia masuk di Grup A Olimpiade 2024 Paris bersama Kanada dan dua tim lain yang akan ditentukan lewat Olympic Qualifying Tournament (OQT) di Yunani dan Spanyol. OQT Spanyol berisi tuan rumah, Spanyol, Lebanon, Angola, Finlandia,Polandia, dan Bahamas. OQT Yunani diikuyi Mesir, Republik Dominika, Slovenia, Selandia Baru, dan Kroasia. (DRMK) 

Berikut daftar 17 nama Australia:

Xavier Cooks
Dyson Daniels
Matthew Dellavedova
Dante Exum
Josh Giddey
Chris Goulding
Josh Green
Joe Ingles
Nick Kay
Jcok Landale
Will Magnay
Jack McVeigh
Patty Mills
Duop Reath
Matisse Thybulle
DJ Vasilijevic
Jack White

Foto: Getty Images

Komentar