IBL

Legenda basket Australia Andrew Gaze masih tidak percaya bahwa akan ada 11 pemain Australia di NBA 2023-2024. Bahkan dari nama-nama yang disebutkan, terdapat pemain yang punya peran penting bagi timnya. Sebut saja Jock Landale, Patty Mills, Josh Giddey, Ben Simmons, hingga Josh Green. Oleh karena itu, menurut Gaze, jumlah penonton Australia untuk NBA 2023-2024 bakal meningkat. 

"Pertama, ini merupakan bukti kualitas bola basket yang kami mainkan di sini dan pemain yang kami hasilkan," kata Gaze, kepada Roy Ward dari Sydney Morning Herald

"Bagian yang menggembirakan dari hal ini adalah mencerminkan jalur pembinaan dan peluang yang kami miliki. Apalagi, beberapa pemain ada di sektor penting dan punya peran yang signifikan. Saya rasa musim depan, warga Australia semakin antusias untuk menyaksikan NBA."

Di Oklahoma City Thunder, Josh Giddey membuka musim sebagai kepala pengatur serangan di tim muda yang siap melaju ke babak playoff. Secara pribadi, ia mungkin juga akan bergerak menuju perpanjangan kontrak sebesar 316 juta dolar Amerika atau sekitar 200 juta dolar Australia yang menjadikan dirinya pemain Australia termahal. 

Kemudian ada Ben Simmons sepertinya telah mengatasi masalah punggung dan kesehatan mentalnya setelah menunjukkan tanda-tanda yang menjanjikan di pramusim bersama Brooklyn Nets. Sementara Josh Green dan Dante Exum siap untuk mengisi peran pendukung penting bersama Luka Doncic dan Kyrie Irving di Dallas Mavericks.

Di Houston, Jock Landale mencari peluang untuk bermain di menit-menit penting setelah bergabung dengan Rockets. Sedangkan Joe Ingles akan bertugas membimbing tim muda Orlando Magic, berharap bisa membawa Franz Wagner dan Paolo Banchero kembali ke babak playoff.

Di sisi lain, Patty Mills telah bergabung dengan Atlanta Hawks, yang ingin dia menjadi mentor untuk membangun tim juara. Kontrak Mills yang sudah habis masa berlakunya, dan masih ada kemungkinan dia akan pindah lagi. Namun untuk saat ini, Mills masih berada di Hawks. Sementara, Dyson Daniels bertujuan untuk meningkatkan rotasi garda di New Orleans Pelicans, yang baru saja mengambil opsi kontraknya untuk musim depan. Sementara Xavier Cooks berperan sebagai pendukung Jordan Poole di Washington Wizards.

Di Portland, Matisse Thybulle bisa membantu pasuka muda Trail Blazers. Kemudian ada Jack White yang bergabung dengan Giddey di OKC Thunder untuk memperkuat pertahanan. Lalu senter "Boomers" Duop Reath juga bergabung dengan Portland Trail Balzers, tetapi dibebaskan. Dia masih bisa bermain untuk tim G-League mereka dengan harapan mendapat panggilan nanti.

"Saya menyebut mereka alumni NBL, orang-orang ini telah meninggalkan jejak mereka di liga kami dan mencapai hal-hal yang lebih baik lagi," kata legenda Australia David Andersen. "Itulah yang diinginkan NBL, untuk membantu mereka menjadi hal yang lebih besar dan lebih baik."

Keberadaan bintang-bintang Australia di NBA 2023-2024 bisa dianggap sebagai persiapan menuju Olimpiade Paris 2024. Australia sudah lolos dan pelatih Boomers Brian Goorjian berharap semua bintangnya tetap fit dan siap untuk menuju kamp setelah musim NBA berakhir. (*)

Foto: smh.com.au

Komentar