IBL

Koran The Washington Post mengabarkan bahwa Stephen Curry dan Howard University setuju dalam program investasi guna mensponsori tim golf kampus. Ia jadi penyokong dana program pelatihan dan pengembangan bakat golfer muda sebuah universitas di Kota Washington D.C itu. Segala kegiatan akan dilaksanakan untuk menyambut tahun ajaran 2020-2021.

Program pendanaan ini juga sebagai bentuk aktualisasi promosional dalam memperkenalkan lini golf Under Armour SC. Sejumlah koleksi perlengkapan olahraga papan atas itu kali pertama diperkenalkan pada 29 Juni 2019. Selain demi memperluas pasar, perilisan 14 baju dan sepatu ini juga sebagai bentuk dukungan atas hobi baru Curry di luar lapangan kayu.

Golf adalah olahraga mahal. Butuh dana hingga ratusan ribu Dollar AS guna membiayai sistem pengembangan walau masih setingkat mahasiswa. Ditambah pula program beasiswa yang akan dipersiapkan untuk siswa baru berprestasi di bidang ini. Maka dari itu, investasi yang dilakukan Curry akan berdampak besar pada masa depan HBCU, sebutan tim golf Howard University.

“Sebagai kampus yang kental akan sejarah perjuangan masyarakat afrika-amerika, Kami belum pernah mendapat bantuan sesignifikan ini,” kata Wayne A.I. Frederick selaku rektor saat jumpa pers. Tidak hanya bagi Howard, investasi melimpah ini akan memberi manfaat lebih luas kepada masa depan olahraga golf di Amerika Serikat. “Curry layak dicontoh atas integritas, visi, dan motivasinya dalam melakukan hal semacam ini,” lanjutnya.

Frederick juga menyebutkan bahwa HBCU merupakan tim golf mahasiswa Divisi 2 nasional yang nyaris mati. Unit Aktivitas Mahasiswa ini  hampir tidak ada perubahan besar sejak tahun 1970-an. Beberapa tahun belakangan, mereka tengah berjuang demi naik level. Apa yang dilakukan Curry ini akan membuka jalan mereka untuk jadi lebih baik dan mentargetkan diri merangsek ke Divisi 1.

Penggawa Golden State Warriors ini juga punya program lanjutan bagi anggota tim. Ia telah mengkoneksikan HBCU dengan Yayasan Eat, Learn, Play yang ia inisiasi bersama istri. Kerja sama ini akan membuka kesempatan para golfer muda untuk melakukan kegiatan peningkatan kesehatan anak di Washington D.C dan sekitarnya.

“Tidak peduli Anda datang dari mana dengan status sosial-ekonomi apapun, kita pernah jadi pemuda yang bermimpi jadi seseorang di masa mendatang lewat olahraga. Dukungan ini adalah bentuk semangat saya bagi mereka yang ingin menjadi seseorang melalui golf,” kata Curry dalam pidatonya kepada para mahasiswa Howard University.

Under Armour selaku sponsor pribadi Stephen Curry juga ikut andil. Mereka datang dengan menyediakan berbagai perlengkapan mulai dari baju, celana, peralatan, hingga sepatu. Bahkan, Under Armour Curry 6 telah keluar versi golf dan dikabarkan para penggawa tim putra dan putri HBCU akan mendapatkannya sepasang.

Strategi promosi berbasis kegiatan sosial ini memang sudah jadi kegiatan yang lazim dilakukan. Corongnya tentu adalah peningkatan penjualan. Namun, pendekatan sosial bisa jadi adalah cara paling “lembut” dalam meraih atensi khalayak ramai. (ajb)

Foto: Bill O'Leary/The Washington Post, Under Armour 

Komentar