IBL

Piala Dunia 2019 tidak sampai sebulan lagi. Namun, Kanada mesti kehilangan salah satu penggawanya. Kelly Olynyk, forwarda, mengalami cedera. Sehingga gagal membela tim nasional di kejuaraan antarnegara tersebut.

Olynyk mengalami cedera ketika melawan Nigeria di pertandingan minggu lalu. Ia tergelincir setelah menginjak lantai yang basah. Tulang lututnya sampai memar. Ia pun terpaksa menarik diri dari timnas Kanada.

Absennya Olynyk tentu saja menjadi kehilangan besar bagi Kanada. Apalagi mereka juga harus kehilangan Jamal Murray (Denver Nuggets) dan R.J. Barrett (New York Knicks). Keduanya tidak bisa membela negara karena sedang dalam pemulihan cedera sekaligus persiapan musim baru.

Olynyk sendiri merupakan pemain senior di timnas Kanada. Ia sempat beberapa kali membela negara dalam berbagai ajang internasional. Salah satunya FIBA AmeriCup pada 2015 silam. Saat itu ia mengantarkan Kanada menyabet medali perunggu.

Olynyk juga merupakan penggawa Miami Heat. Ia tampil dalam 79 pertandingan reguler pada 2018-2019 lalu dengan 36 kali starter. Ia mencetak rata-rata 10 poin, 4,7 rebound, dan 1,8 asis. Persentase tembakan keseluruhannya berada di angka 46,3 persen dengan efektivitas 56,3 persen. Sementara true shooting percentage-nya mencapai 61 persen.

Dengan statistik seperti itu, Olynyk menjadi amunisi penting Heat dari bangku cadangan. Tim asal Miami itu bahkan segera menariknya begitu tahu ia mengalami cedera. Mereka berharap masalahnya tidak serius. Sehingga mereka bisa fokus menyiapkan diri untuk NBA 2019-2020. (put)

Foto: NBA

Komentar